Beranda Lifestyle

5 Tips Memilih Meja Belajar Anak agar Anak Semangat

Salah satu cara menunjang motivasi belajar anak adalah dengan memfasilitasinya dengan meja belajar. Fasilitas meja belajar yang tersedia, terutama di kamar anak akan menjadikan anak betah atau nyaman untuk membaca, menulis, ataupun kegiatan belajar lainnya.

Sebagai orang tua, tentu akan bangga jika anak mau dan bersemangat belajar, sehingga diharapkan mampu menunjang presetasi akademiknya di sekolah. Namun, soal urusan pemilihan meja belajar, orang tua harus memiliki berbagai pertimbangan agar pilihan meja belajar tersebut disukai anak, nyaman, aman, atau bahkan memiliki banyak fungsi (multifungsi).

meja belajar anak perempuan

Tips Memilih Meja Belajar Anak

Penjelasan dari artikel ini berikutnya akan menyampaikan beberapa tips memilih meja belajar anak agar anak bisa nyaman belajar, sesuai dengan konsep atau desain kamar anak, dan bentuk meja belajar anak yang memiliki banyak fungsi.

1. Memiliki Laci Penyimpanan

memilih meja belajar anak

Meja belajar yang dilengkapi dengan laci penyimpanan akan memudahkan untuk menyimpan berbagai peralatan belajar anak, seperti pulpen, pensil, stabilo, penjepit buku, dan lain sebagainya.

Adanya laci ini juga akan membuat meja belajar akan tampak lebih rapih. Sebab, peralatan tulis yang sudah dipakai tidak akan ditinggal di atas meja. Cukup menyimpannya kembali di laci meja.

2. Memiliki Rak Buku

meja belajar dengan rak buku

Buku-buku anak hendaknya ditempatkan pada tempat yang mudah dijangkau. Salah satunya dengan adanya fasilitas rak buku pada meja belajar anak.

Memilih meja belajar yang dilengkapi dengan rak buku selain bisa menambah estetika, menambah semangat anak, juga memudahkan anak membaca buku yang harus ia baca. Karena buku tersebut terpampang di depan atau di sampingnya.

3. Meja Belajar Sudut

meja belajar sudut

Meja belajar dengan sudut bisa disesuaikan dengan desain kamar tidur anak. Desain kamar anak yang memiliki jendela dekat sudut ruangan akan sangat pas dengan model meja belajar sudut.

Dengan memilih meja belajar sudut ini membuat penggunaan ruang menjadi efisien. Selain itu jika diletakkan di dekat jendela akan semakin bagus jika di dekat jendela ditambahkan tanaman untuk menambah semangat belajar anak.

4. Meja Belajar Anak Karakter

meja belajar anak karakter

Anak-anak biasanya memiliki tokoh atau karakter yang disukai. Entah itu superhero atau para pahlawan lainnya. Oleh karena itu, pemilihan meja belajar bisa disesuaikan dengan karakter kesukaan anak.

Sekarang ini, banyak sekali model meja belajar anak karakter yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kesukaan anak. Biasanya anak akan sangat suka belajar jika meja belajarnya terdapat karakter yang ia sukai.

5. Meja Belajar Lipat

meja belajar anak lipat

Dengan alasan kepraktisan, memilih meja belar lipat bukan hal yang aneh. Sebab, model meja belajar ini bisa memudahkan anak belajar dengan melantai atau lesehan.

Selain itu, karena meja belajar jenis ini bisa dilipat dan dibawa kemana-mana sehingga memudahkan anak belajar di luar ruang disaat dia bosan berada di dalam kamar terus. Tentu akan sangat menyenangkan bagi anak bisa belajar di tempat berbeda atau dengan suasana yang lain.

Bentuk meja belajar ini juga tidak membosankan, namun ada banyak pula yang telah dilengkapi dengan gambar karakter anak.

Baca juga: Halodoc Konsultasi Dokter, Pengalaman Ayah Muda

Demikian lima tips memilih meja belajar anak agar anak bisa belajar dengan nyaman, menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here