5 Kesalahan Umum Pemula dalam Membuat Website di WordPress

Artikel ini adalah sedikit refleksi bagaimana kesalahan-kesalahan saya selama menggunakan wordpress sejak beberapa tahun lalu. Jadi, agar cukup saya saja yang mengalami, ulasan ini layak jadi pertimbangan bagi para pemula.

Sebenarnya, saya juga masih tergolong pemula (newbie) menggunakan wordpress. Namun pengalaman menggunakan secara intens wordpress sebagai pilihan Content Management System (CMS) sejak 3 tahun dari tulisan ini terbit, saya rasa cukup untuk berbagi pengalaman.

Kesalahan Pemula dalam Membuat Website di WordPress

kesalahan umum pemula dalam membuat website

Belajar wordpress bagi pemula menurut saya pribadi, dewasa ini semakin mudah jika dibandingkan beberapa waktu lalu, misalnya 5 tahun atau 10 tahun lalu.

Salah satu alasannya karena semakin banyaknya artikel yang mengulas secara lengkap, mulai dari A sampai Z belajar wordpress bagi pemula.

Bukan hanya media pembelajaran dalam bentuk tulisan (artikel), namun sekarang sudah sangat terbantu dengan video-video yang bisa ditemukan di platform berbagi video, seperti YouTube.

Demi untuk berbagi, berikut ini saya sarikan kesalahan umum pemula dalam membuat website di wordpress. Simak sampai tuntas ya!

1. Salah Memilih Hosting

Kesalahan pertama saya saat pertama kali menggunakan wordpress adalah salah dalam memilih hosting.

Biasanya bagi pemula, kita suka yang ‘keren-kerenan’. Misalnya merasa bangga jika memilih hosting dengan sumber daya (resources) besar, padahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita.

Sebagai pemula, baiknya memilih hosting murah. Jangan merasa minder atau tidak keren jika hosting yang kita pakai murah.

Sebab sekarang ini, sudah banyak penyedia jasa sewa hosting dengan penawaran bagus, kualitas oke, dan tentunya harga sewa yang ekonomis.

Karena sebenarnya banyak keuntungan hosting murah untuk website. Contohnya bagi pemula, bisa belajar seluk-beluk mengenai CMS wordpress sampai khatam tanpa perlu terbebani biaya hosting yang mahal.

Jadi tidak mengapa memilih hosting murah saat awal-awal. Setelah ahli dan dirasa kebutuhan resources hosting sudah tidak memadai, maka gampang saja untuk meminta upgrade paket hosting ke penyedia.

Mereka bahkan akan sangat senang membantu pelanggannya untuk upgrade hosting jika memang dibutuhkan.

2. Salah Memilih Nama Domain

Domain merupakan sebuah identitas. Bahkan bagi perusahaan, nama domain sangat penting karena juga harus menyamakan dengan brand yang dimiliki.

Bagi pemula kesalahan-kesalahan yang seharusnya dihindari dalam memilih domain, diantaranya jangan memilih nama yang terlalu panjang, sebisa mungkin hanya menggunakan karakter (hindari menggunakan angka), dan gunakan Top Level Domain extension (TLD) yang umum.

Nama domain yang terlalu panjang, selain tidak bagus dalam penulisan, juga akan menyulitkan orang lain dalam mengetik nama domain secara langsung di browser.

Umumnya nama domain yang bagus terdiri dari 2 sampai 3 suku kata dengan pelafalan yang mudah diucapkan.

Domain yang mengandung angka juga kurang baik dan nampak tidak professional. Apalagi jika menggunakan angka tahun akan sangat menyulitkan bagi orang lain.

Saat ini ekstensi TLD sangat banyak. Bagi pemula jangan terjebak dengan banyaknya ekstensi TLD tersebut. Disarankan untuk memilih ekstensi TLD yang umum diketahui orang banyak, misalnya .com, .net, dan .org.

Baca juga: Fakta Menarik Domain Populer .Com

3. Terlalu Banyak Menggunakan Plugin dan Widget

Adanya plugin merupakan kelebihan CMS wordpress dibandingkan CMS lain, semisal blogger (blogspot). Dengan plugin mengelola website menjadi lebih mudah dan sangat terbantu.

Namun bukan berarti, website yang keren dan bakal nomor satu adalah website yang memasang terlalu banyak plugin ataupun widget.

Esensinya plugin maupun widget dibuat untuk mempermudah. Artinya, harus disesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.

Boleh jadi website lain menggunakan plugin A dan widget B, tetapi belum tentu cocok atau dibutuhkan di website kita sendiri

Teringat saat saya masih awam sekali menggunakan wordpress, banyak plugin yang saya pasang ternyata sebenarnya tidak dibutuhkan, double fungsi karena fungsi tersebut sudah ada juga di plugin lain, atau malah memasang plugin yang tidak penting sementara plugin yang esensial tidak dipasang sama sekali.

Simak juga:

4. Gonta-ganti Tema WordPress

Di wordpress memang banyak sekali tema yang tersedia. Ada ribuan tema di repositori wordpress. Celakanya bagi pemula seperti saya waktu itu selalu gonta-ganti tema wordpress.

Alasannya banyak tema yang keren-keren dan ingin dicoba satu-satu. Padahal kalau mau jujur, tidak ada tema wordpress yang sempurna sesuai dengan keinginan kita. Tiap wordpress ada kelebihan yang ditonjolkan dan tentu ada kekurangannya masing-masing.

Dalam memilih tema wordpress, perlu langkah bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ada tema yang khusus didesain untuk blog pribadi, website berita, atau untuk perusahaan.

5. Lupa Mengamankan Website

Tidak bisa dimungkiri bahwa diantara sekian miliar pengguna internet, ada saja orang-orang yang kerjanya jahil. Termasuk berusaha menjahili website-website tertentu (target).

Oleh karena itu, agar tidak kejadian website yang kita buat menjadi sasaran kejahilan mereka, minimal kita memasang sejumlah pengamanan untuk website kita.

Misalnya mengubah alamat log in, memasang plugin keamanan, dan tidak lupa untuk melakukan backup berkala pada website.

Untuk plugin keamanan pada website, saya masih setia menggunakan plugin All in One WP Security.

Plugin tersebut juga bisa mencegah brute force serta saya gunakan untuk mengganti alamat wp-login sesuai kehendak saya.

Cara-cara tersebut minimal menjadi langkah dasar dalam mengamankan website yang kita miliki.

Baca juga: Cara Mencegah Pencurian Konten Blog

Demikian kesalahan kesalahan umum pemula dalam membuat website di wordpress. Tentu masih banyak yang belum saya jabarkan di tulisan singkat ini.

Namun dengan memperhatikan hal-hal di atas, sebagai pemula webiste yang anda buat di wordpress akan lebih murah, lebih mudah diingat lebih terjaga, dan lebih aman dari sebelumnya.

2 pemikiran pada “5 Kesalahan Umum Pemula dalam Membuat Website di WordPress”

  1. hai mas salam kenal, artikelnya ps banget, saya baru mau coba2 buat blog di WP. Poin terakhir yang mengamankan itu artinya kita harus pasang plugin ya?

    Balas
    • Untuk pengamanan, biasanya saya menggunakan plugin All in One WP Security

      Balas

Tinggalkan komentar