Beranda Blogging

Cara Membuat Blog di HP Menggunakan Blogger [Gratis]

Sebenarnya cara membuat blog di HP – pakai android atau bukan – sangatlah mudah. Di artikel ini akan memberikan tutorial lengkapnya pada Anda dan dilengkapi dengan gambar. Sangat cocok untuk pemula.

Pilihan layanan penerbitan blog yang cukup mudah dan familiar saat ini adalah blogger.com. Blog yang dibuat di blogger.com, nantinya akan memiliki nama domain yang berakhiran blogspot.com. Walaupun nantinya bisa ganti domain, menjadi .com, .net, .id, .org, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Blog di HP Android

Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat blog di HP dengan menggunakan platform blogger.com- yang bisa diintegrasikan dengan alamat gmail.com.

Sebelum memulai, pastikan anda memiliki:
  • Alamat email (menggunakan Gmail lebih bagus)
  • HP (Android atau bukan android)
  • Browser (Google chrome atau yang lainnya)
  • 1. Download Aplikasi Blogger di Playstore

    Silahkan download aplikasi Blogger di Playstore. Ini bersifat opsional. Sebab, Anda bisa juga langsung menuju halaman blogger.com di Google chrome.

    2. Create your Blog

    cara-membuat-blog-di-hp

    Klik Create your Blog atau bisa juga Sign in (dibagian kanan atas, jika sudah memiliki akun gmail). Setelah itu muncul halaman Pilih akun (Bisa menggunakan akun gmail lain). Setelah itu masukkan kata sandi gmail anda. Klik Berikutnya jika sudah sesuai.

    3. Memilih Nama dan Alamat Blog

    Pada halaman Buat blog baru, masukkan Judul atau nama blog yang diinginkan. Gunakan nama blog yang pendek, mudah diingat, dan mudah dieja. Misalnya; Lead Vlog.

    memilih-nama-blogspot

    Kemudian, klik Berikutnya.

    Masukkan alamat blog yang diinginkan. Misalnya saya menggunakan leadvlog.blogspot.com.

    Harap diperhatikan bahwa mencari alamat blog ini gampang-gampang susah. Sebab, biasanya alamat yang kita inginkan sudah dipakai oleh orang lain.

    Temukan alamat blogspot yang kira-kira unik dan tersedia. Setelah menemukan alamat yang tersedia, klik Berikutnya.

    Pada halaman Profil Blogger, masukkan Nama pemilik (penulis blog) yang akan ditampilkan. Misalnya: Indra Wirawan. Klik Selesai.

    4. Ganti Tema Blogger

    Sebenarnya, setelah langkah ketiga di atas sudah dilakukan, maka selesailah cara membuat blog di HP. Anda bisa melihat tampilan blog Anda dengan mengklik bagian Lihat blog Anda.

    memilih-mengganti-tema-blogspot

    Jika ingin mengganti tema atau tampilan blog, bisa dilakukan pada menu Tema. Pihak blogger menyediakan beberapa jenis tema yang bisa Anda pilih.

    Sampai disini, selesailah cara pembuatan blog di HP dengan menggunakan blogger. Untuk tutorial blogger pemula lainnya akan saya buatkan dalam artikel yang berbeda.

    Beberapa Kelebihan Membuat Blog di Blogspot

    Saya selain memiliki blog ini dengan wordpress self hosted, beberapa blog saya juga tetap menggunakan blogger (baca: blogspot). Hal ini tidak lepas dari kelebihan blogger, diantaranya:

    1. Gratis

    Sama dengan gmail, blogspot yang merupakan milik Google juga gratis untuk digunakan. Tentu dengan alasan ini saya tetap menggunakannya untuk menulis artikel dan lain sebagainya.

    2. Banyak Digunakan

    Walaupun secara statistik jumlah pengguna belum ada data resmi yang saya peroleh, tetapi saya yakin pengguna blogspot di Indonesia cukup banyak.

    Namun, jika ingin merujuk kepada popularitas jumlah pengunjung blogspot Indonesia. Maka, saat artikel ini ditulis, blogspot merupakan situs urutan 20 yang paling sering diakses (versi Alexa).

    pengguna-blogspot-indonesia

    Banyaknya pengguna ini memudahkan saya untuk mengoperasikannya. Karena akan banyak tutorial atau artikel seputar blogspot yang akan dipublish. Sehingga saat saya tidak tahu, maka saya bisa menemukannya dari pengguna atau artikel blogspot lain.

    3. Optimasi Mesin Pencari (SEO) bisa Bersaing

    Walaupun, dalam penilian pribadi saya, optimasi mesin pencari atau teknik SEO wordpress self hosted lebih bagus dan lebih mudah. Namun blogspot, bisa dikatakan bisa bersaing.

    Dengan strategi dan teknik SEO yang tepat, blogspot bisa saja mengalahkan platform lain. Tentu dengan syarat tertentu.

    4. Mudah Dioperasikan

    Menggunakan blogspot sebagai media blogging, sesuai apa yang saya rasakan dan bandingkan dengan yang lain, kesimpulan saya bahwa ngeblog di blogspot sangat mudah.

    Mungkin itu pula alasan mengapa beberapa blog saya masih menggunakan blogspot juga. Hehe.

    Baca juga: Pengalaman migrasi dari blogspot ke wordpress

    5. Tidak Perlu Bayar Hosting

    Aktivitas ngeblog tidak bisa dikatakan sepenuhnya gratis. Namun dengan menggunakan blogspot, setidaknya kita tidak dibebani dengan pembayaran hosting wordpress tiap tahun.

    Kesimpulan

    Membuat blog di HP ternyata sangat mudah. Hanya dibutuhkan beberapa langkah saja. Setidaknya, dengan menggunakan HP, aktivitas blogging tidak harus berhenti karena alasan tidak memiliki laptop atau komputer (PC).

    4 KOMENTAR

    1. Ini sangat berguna. Trend mobile dan bekerja melalui perangkat mobile..

      Saat diakses juga akan lebih mobile friendly… 😊

      • Betul. Kadang bagi orang yang suka draft tulisan artikel, penggunaan mobile memudahkan untuk bisa menulis dimana saja. Misalnya saat menunggu di kendaraan umum.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here