Home Business Marketing

Memaksimalkan Strategi Pemasaran Digital dengan Web Hosting Terbaik

Di era serba teknologi saat ini, memberikan banyak pengaruh terhadap berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang marketing atau pemasaran. Pemasaran dianggap sepenuhnya kurang efektif jika hanya dilakukan secara offline saja.

Lalu apa opsi pemasaran yang dinilai efektif? Pilihannya adalah pemasaran digital atau online. Pemasaran secara online sendiri tidak hadir dengan satu atau dua pilihan strategi saja.

Nah, berikut ini akan dibahas website untuk pemasaran digital (digital marketing) dan strategi yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan proses pemasarannya.

Website untuk Pemasaran Digital

Website di era industri 4.0 ini menjadi media digital yang paling direkomendasikan. Selain itu, website juga dinilai sangat efektif, bisa dimodifikasi, dan cukup mudah dioperasikan.

Sejauh ini website sudah banyak dimanfaatkan untuk beragam hal, misalnya untuk website profil perusahaan, organisasi atau komunitas, website jualan, ataupun website personal. Inilah yang menjadi sebab eksistensi website semakin dihargai perannya. Terlebih untuk urusan pemasaran.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar peranan website untuk pemasaran digital:

  1. Bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
  2. Memudahkan pelanggan dalam menjangkau suatu usaha atau bisnis.
  3. Membuat bisnis atau perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk urusan pemasaran.
  4. Bisa dijadikan marketplace.
  5. Memudahkan perusahaan dan bisnis selalu terkoneksi dengan pelanggan.
  6. Membuat pelanggan menilai bisnis atau perusahaan lebih kredibel.
  7. Ada sarana katalog yang bisa diakses pelanggan kapan saja dan di mana saja.
  8. Membuat perusahaan bisa meningkatkan keefektifannya soal biaya dan waktu.
strategi-pemasaran-digital

Strategi Pemasaran Digital dengan Website

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan website.

1. Mengembangkan USP (Unique Selling Promotion)

Menggunakan website sebagai sarana pemasaran digital tidak begitu saja asal jadi. Namun, setidaknya anda memiliki nilai lebih dibandingkan dengan bisnis lain.

Untuk menyikapi hal ini nanti, Anda bisa memgembangkan konsep USP atau Unique Selling Promotion. Sebisa mungkin bersikaplah kreatif untuk bisa menampilkan website selling yang berbeda dengan website lain. Dengan demikian, sifatnya akan cukup unik sehingga bisa menarik daya beli pengguna internet.

2. Memilih Teknik Marketing Digital yang Tepat

Ada banyak teknik pemasaran yang bisa Anda wujudkan di digital marketing website. Ada teknik SEO, teknik advertising dari Google, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengenal satu per satu teknik ini supaya bisa menyesuaikannya dengan keadaan bisnis Anda.

3. Rajin Mengupdate Konten

Website Anda nanti tentu akan diisi dengan informasi yang bisa berupa apa saja. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda rajin untuk mengisi konten-konten tersebut. Anda bisa rajin membuat konten artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Buatlah artikel variatif misalnya dengan melengkapinya dengan konten infograpis dan video.

4. Mempromosikan Website

Promosikan juga website Anda setelah website bisnis ini sudah siap diakses. Hal ini supaya website Anda semakin diketahui orang dan semakin banyak dikunjungi.

5. Memberikan Tampilan Website Sebaik Mungkin

Tampilan akan sangat berpengaruh pada daya tarik pengguna internet. Oleh karena itu, usahakan tampilan website Anda cukup bagus dan bersih supaya enak dipandang.

Selain memperhatikan soal tampilan, Anda juga harus memperhatikan performa website lainnya, misalnya kecepatan loading. Kecepatan website dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah hosting. Anda bisa menggunakan opsi hosting murah di awal dan selanjutnya bisa mengupgrade kapasitasnya kapan saja saat dibutuhkan.

6. Memastikan Memiliki Hosting dan Domain yang Bisa Diandalkan

Strategi ini sudah disinggung sedikit pada poin di atas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pemilihan hosting akan mempengaruhi kinerja website.

Sementara pemilihan nama domain akan mempengaruhi proses branding website ataupun bisnis Anda kedepannya.

Tips Memilih Web Hosting untuk Pemasaran Digital

Memilih dan menetapkan pilihan pada wordpress hosting Indonesia kelihatannya proses yang susah-susah gampang. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan pegangan, diantaranya:

  1. Kecepatan, ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website. Misalnya desain dan pemilihan theme website. Namun, faktor yang paling krusial adalah pemilihan hosting. Oleh karena itu, sejak awal sebelum website dibuat, tentukan dengan sebaik-baiknya pilihan hosting yang ingin dipakai.
  2. Disk space dan bandwith. Dasar pemilihan ini akan sangat bergantung pada seberapa banyak dan besar file yang Anda hosting dan jumlah pengunjung website Anda nantinya. Artinya, semakin banyak file dan ramai kunjungan website bisnis Anda, maka memerlukan disk space dan bandwith yang juga besar.
  3. Harga. Faktor harga patut diperhitungkan, namun tidak harus diletakkan pada prioritas pertama, sebab yang utama adalah performa website. Sementara harga hosting, pilihlah penyedia hosting dengan harga bersaing.
  4. Review pelanggan. Penyedia hosting tidak selamanya bisa mengklaim bahwa merekalah satu-satunya penyedia web hosting terbaik, tetapi juga harus melihat penilaian dari luar (pelanggan). Sebelum membeli, bacalah review atau komentar pelanggan mereka sehingga anda bisa mantap dalam memutuskan memilih web hosting.

Kesimpulan

Kini saatnya Anda melirik dan mulai menggunakan pilihan pada pemasaran digital dengan website. Terbukti banyak peran dan manfaat website untuk bisnis Anda. Wajar saja jika Anda sudah mantap mengandalkan digital marketing website untuk agenda pemasaran produk atau jasa nanti.

Mengapa demikian? Karena memang cara pemasaran ini akan memberikan Anda banyak manfaat. Lagipula, kini Anda juga sudah paham strategi apa saja yang bisa Anda lakukan.

4 COMMENTS

    • Untuk membangun blog memang dibutuhkan komitmen yang sangat kuat. Hehe
      Selain itu, proses mencari idenya juga yang berat.

  1. saya punya temen yg basicnya ngeblog terus bikin usaha dagang bolu. ..tapi karena dipasarin pakai teknik digital terkesan mewah dan wah.

    dan kayaknya step2 diatas diterapin sama dia.

    tampilan situs yg menarik bisa menggunggah jntuk beli, termasuk konten disosmed juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here