Beranda Education

Cara Presentasi yang BAIK untuk Mahasiswa: Menarik PERHATIAN

Sebagai pelajar tentu diwajibkan agar bisa menyampaikan tugas kuliah dengan baik dan lancar. Pastinya kemampuan ini tidak dapat dimiliki secara mudah dan cepat. Oleh karena itu, mempelajari beberapa cara presentasi yang baik untuk mahasiswa demi mendapatkan hasil maksimal dan terbaik.

Presentasi yang baik, selain memperhatikan slide presentasi atau materi presentasi, juga mempersiapkan teknik yang baik dan menarik perhatian.

Beberapa Cara Presentasi yang Baik untuk Mahasiswa

Presentasi sudah menjadi tugas yang umum didapatkan oleh mahasiswa. Mereka diharuskan untuk belajar cara menyampaikan dengan baik demi mendapatkan nilai maksimal. Tidak hanya itu saja, beberapa diantaranya juga digunakan saat berbicara di depan umum seperti lomba dan pertemuan.

cara presentasi yang baik untuk mahasiswa
Menarik perhatian dalam presentasi

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Persiapan Materi

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan materi. Hal ini menjadi kewajiban bagi seluruh mahasiswa sebelum melakukan presentasi. Lancar atau tidaknya penyampaian ini ditentukan oleh pemahaman seseorang akan bahan tersebut.

Sebagai mahasiswa dapat membaca sumber terkait materi presentasi baik dari internet, buku atau jurnal penelitian. Hal ini bisa membantu Anda untuk bisa menguasai bahan penyampaian sehingga akan lebih mudah menjawab pada saat audience mengajukan pertanyaan.

2. Slide PPT Professional

Banyak cara membuat ppt yang baik untuk mahasiswa di internet dapat dijadikan sebagai acuan. Beberapa diantaranya ialah hindari pemakaian slide menggunakan animasi atau warna mencolok sehingga mengganggu fokus presentasi. Banyak orang akan menilai hal ini menjadi kurang menarik.

Sebagai mahasiswa juga bisa menampilkan teks secara progresif. Artinya ialah PPT disampaikan menggunakan tulisan yang tidak terlalu banyak serta memakai beberapa poin, alhasil bisa memudahkan Anda untuk menyampaikan materi. Hal ini juga membuat pendengar akan lebih fokus memperhatikan.

3. Asah Gaya Presentasi

Sebelum benar-benar melakukan presentasi, sebagai mahasiswa bisa mengasah bagaimana cara menyampaikan materi dengan lancar dan benar. Hal ini dapat dilakukan di depan cermin atau meminta tolong kepada teman lain untuk mendengarkan dan memberikan komentar.

Secara tidak langsung, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri sehingga presentasi akan lebih siap dilakukan. Anda juga dapat menambahkan gerakan tangan agar terlihat luwes dan profesional pada saat menyampaikan materi.

Tentu akan terlihat buruk jika saat membawakan presentasi, anda hanya memperhatikan dan membaca slide. Sehingga mengabaikan perhatian kepada pendengar.

4. Menguasai Teknik Improvisasi

Selama presentasi berlangsung, Anda juga bisa mempelajari beberapa teknik improvisasi. Hal ini bisa meningkatkan interaksi dengan pendengar. Dengan begitu mereka akan lebih tertarik untuk mendengarkan presentasi dari awal hingga selesai.

Misalnya dalam proses membuka presentasi. Ini hal yang harus diperhatikan, sebab KESAN pertama sangat berarti. Baca: Contoh kalimat PEMBUKA presentasi yang menarik

Hal kecil seperti sapaan bisa menarik perhatian dari pendengar. Anda bisa membuka presentasi dengan menyapa mereka seperti salam atau semangat. Sebagai pembawa materi bisa menambahkan gerakan tangan guna meningkatkan keluwesan saat presentasi berlangsung.

5. Belajar Public Speaking

Kemampuan public speaking nyatanya tidak dimiliki oleh semua orang. Anda perlu mempelajari hal ini sehingga presentasi akan lebih lancar dilakukan. Banyak tips dan triks yang bisa dicoba melalui video atau artikel di internet agar meningkatkan keahlian untuk berbicara lancar di depan umum.

Kemampuan public speaking nyatanya tidak berfungsi pada saat melakukan presentasi saja. Anda bisa menggunakan skill ini untuk berbagai kepentingan terutama ketika berbicara di depan umum. Tentu akan banyak keperluan seperti seminar, forum atau pelatihan yang memerlukan keahlian ini.

6. Berpakaian Rapi

Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan mahasiswa ialah mengenakan pakaian seadanya sehingga kurang menarik saat melakukan presentasi. Tentunya kejadian seperti ini bisa menunjukkan bahwa dirinya memang belum siap untuk menyampaikan materi pada saat itu.

Anda bisa memakai baju yang nyaman dan sesuai. Bagi perempuan, hindari menggunakan perhiasan secara berlebihan sebab dapat mengurangi fokus pendengar saat presentasi berlangsung. Hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri selama menyampaikan materi.

7. Berlatih Sebelum Presentasi

Anda bisa berlatih untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan presentasi. Banyak orang akan merasakan grogi di masa ini. Sebagai mahasiswa, dapat meminta tolong kepada teman-teman lainnya guna memberikan masukan dan juga komentar demi meningkatkan kepercayaan diri.

Anda bisa melakukan latihan sebanyak mungkin sehingga presentasi benar-benar siap dilakukan. Sebagai mahasiswa dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengulangi materi sebelumnya agar tidak memastikan tidak ada yang dilupakan.

Berlatih ini penting, terutama agar anda lebih siap dan paham seluruh alur presentasi anda dari awal (pembukaan) sampai penutup. Buka dengan cara yang bagus, dan jangan lupa perhatikan penutupan presentasi.

Lihat juga: Contoh kalimat PENUTUP presentasi yang berkesan

8. Awali Presentasi dengan Pikiran Positif

Langkah terakhir yaitu bisa mengawali presentasi dengan pikiran positif. Perlu Anda ketahui bahwa mood memang berpengaruh besar atas keberhasilan segala sesuatu termasuk juga pada saat menyampaikan materi di depan banyak orang.

Anda perlu menjaga mood dengan berpikir secara positif sehingga presentasi benar-benar berjalan lancar. Biasanya pada waktu kritis seperti ini, kebanyakan orang tentu akan disibukkan dengan mengatur rasa groginya sehingga tidak bisa mempelajari materinya lagi.

Itulah tadi beberapa cara presentasi yang baik untuk mahasiswa yang dapat diterapkan sebelumnya. Pastikan untuk memahami materi sebelumnya sehingga benar-benar lancar menyampaikannya di depan banyak orang. Hal paling penting yaitu jangan lupa mengenakan pakaian rapi dan formal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here