Beranda Business

Cara Mengembangkan Usaha Jahit agar Banjir Orderan

22

Memiliki usaha jahit pakaian bisa membantu untuk menambah penghasilan rumah tangga. Bisnis ini sangat menarik dan menguntungkan apalagi jika dilakukan secara serius. Jika anda memiliki bisnis atau usaha jahit maka perlu untuk mengembangkannya agar semakin menguntungkan. Mungkin Anda saat ini sedang mencari cara mengembangkan usaha jahit agar semakin berkembang.

Disini kita akan membahas beberapa tips menarik agar usaha jahit rumahan Anda bisa sukses. Beberapa tips berikut ini apabila dilakukan secara serius maka nantinya akan membuka kan jalan agar usaha jahit semakin menguntungkan.

6 Cara Mengembangkan Usaha Jahit

Meskipun bisnis menjahit memiliki kelemahan, namun dengan menerapkan KIAT mencari orderan dan memasarkan hasil jahitan agar sukses. Yuk simak sampai selesai.

cara mengembangkan usaha jahit

1. Update Trend Fashion

Tips pertama yang merupakan cara mengembangkan usaha jahit paling penting adalah mengikuti perkembangan tren fashion masyarakat modern. Seperti kita tahu jika trend fashion dunia atau bahkan Indonesia terus berkembang. Cepatnya perkembangan fashion membuat Anda harus selalu up to date.

Apabila anda tidak selalu up to date dalam perkembangan trend fashion bisa jadi anda akan kalah dengan pengusaha lain yang lebih inovatif. Kebanyakan para pengusaha jahit pakaian yang sukses adalah mereka yang mengetahui dan fashion terbaru serta mampu mengikuti perkembangan fashion yang ada.

Jangan sampai anda merasa puas dengan fashion lama yang justru membuat pelanggan mencari tempat lain yang lebih inovatif. Tidak sulit untuk mengikuti tren fashion apalagi jika anda mampu manfaatkan teknologi internet yang ada saat ini.

2. Memperbanyak Relasi

Cara mengembangkan usaha jahit yang selanjutnya yaitu berusaha untuk memperluas jaringan atau relasi. Melakukan promosi secara berkala dan jangan sampai membiarkan usaha anda berada pada titik yang sama.

Selain melakukan promosi Anda juga harus saling bertemu dengan teman atau saudara sembari melakukan promosi. Akan lebih menarik lagi jika bertemu dengan sesama penjahit sehingga nantinya bisa berkonsultasi dan bekerja sama.

3. Berikan Layanan Terbaik

Tips mengembangkan usaha jahit berikutnya yang juga harus anda perhatikan adalah memberikan layanan terbaik bagi setiap pelanggan. Layani secara profesional maka pelanggan akan merasa puas. Dengan begitu secara otomatis usaha anda akan dilabeli sebagai usaha jahit yang profesional.

Kepuasan pelanggan sebaiknya diutamakan karena nantinya pelanggan yang merasa puas akan membantu untuk mempromosikan usaha anda. Semakin Anda telaten menjalani usaha tentu hasilnya tidak akan membuat Anda kecewa.

4. Bekerjasama dengan Toko

Bekerjasama dengan toko yang awalnya dianggap sebagai kompetitor adalah sesuatu yang juga bisa membantu untuk mengembangkan usaha jahit.

Dengan menjadikan banyak toko sebagai relasi, Anda bisa menjual pakaian ke toko tersebut dengan harga yang murah. Gunakanlah kain sisa jahitan untuk menghasilkan pakaian yang bisa dijual dengan harga murah. Hal ini akan sangat menguntungkan usaha anda.

5. Mempromosikan Usaha Lewat Social Media

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini banyak sekali masyarakat yang sukses berkat kemampuannya memanfaatkan sosial media (online). Anda juga tidak boleh ketinggalan. Jadikan sosial media sebagai tempat untuk mengembangkan bisnis anda.

Jangan ragu untuk melakukan promosi di sosial media dan buatlah akun bisnis apabila nantinya usaha semakin berkembang. Semakin anda melakukan promosi secara profesional tentu hasilnya akan sangat memuaskan.

Baca juga:

6. Lakukan Usaha dengan Kerja Keras

Setiap usaha akan sukses apabila dilakukan secara serius dan dibarengi dengan kerja keras. Dalam melakukan promosi anda tentu tidak hanya sekedar membagikan kegiatan menjahit saja akan tetapi butuh konsistensi dan profesionalitas.

Dalam dunia usaha anda akan menemukan berbagai macam rintangan. Jangan mudah putus asa apabila ternyata usaha anda belum sesukses yang anda harapkan. Semuanya butuh kerja keras serta proses yang panjang. Hal yang terpenting adalah jangan sampai anda berhenti di tengah jalan.

Cara mengembangkan usaha jahit sebenarnya semuanya tergantung dengan kreativitas serta kerja keras anda. Usaha anda akan sukses apabila memang dalam mengembangkan usaha jahit anda selalu memiliki inovasi. Anda juga bisa memberikan promo-promo menarik bagi pelanggan yang sudah sering berlangganan dengan anda.

Akan tetapi anda tetap harus memastikan jika promo tersebut bukan hanya menguntungkan bagi pelanggan tetapi juga untuk usaha jahit. Ada banyak contoh promo menarik yang bisa diberikan Misalnya saja potongan harga apabila sudah beberapa kali melakukan pemesanan.

Selain itu bisa juga menggumumkan adanya diskon untuk hari spesial tertentu misalnya idul Adha, idul Fitri, hari libur sekolah, dan lain sebagainya.

Semakin anda mengetahui tentang cara mengembangkan usaha jahit maka akan semakin mudah juga untuk mencapai kesuksesan. Mungkin awalnya anda hanya memiliki usaha jahit rumahan, akan tetapi suatu saat bisa memiliki usaha jahit yang besar dengan banyak karyawan.

Selalu optimis dan lakukan yang terbaik agar impian anda benar-benar terwujud. Tanpa keyakinan cerita rasa percaya diri tentu sangat sulit bagi anda untuk terus mengembangkan bisnis hingga menjadi usaha yang besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here