Beranda Business Marketing

5 Cara Memperluas Jangkauan Postingan Instagram

183

Apakah anda memiliki akun instagram bisnis atau beralih ke business profile dan bingung mengenai fitur insight di dalamnya terutama bagian reach atau jangkauan? Nah, bagaimana kira-kira cara memperluas jangkauan postingan Instagram? Baca terus sampai akhir tulisan ini karena hal ini akan dibahas lebih detail.

Kepopuleran Instagram sejak mulai diperkenalkan memang sangat tinggi. Banyak pengguna baru setiap hari, baik akun dengan pofile pribadi ataupun bisnis. Ringkasnya, Instagram merupakan sosial media terpopuler saat ini, khususnya di Indonesia. Di dunia bisnis, Instagram sangat berperan penting dalam pemasaran digital.

Apa itu Jangkauan Instagram?

Arti jangkauan Instagram adalah jumlah pengguna yang melihat postingan atau konten yang kita bagikan. Angka jangkauan ini dihitung berdasarkan berapa jumlah pengguna akun yang melihat postingan.

Artinya, sebanyak apa pun satu akun melihat postingan yang kita bagikan, maka data jangkauan Instagram tetap menghitungnya satu.

Mengakses dan mengetahui jangkauan Instagram pada bagian insight bisa menjadi indikator apakah postingan yang dibagikan disukai pengguna lain sehingga berpotensi untuk viral dan dapat menjangkau costumer dalam jumlah besar. Atau sebaliknya, tayangannya sedikit sehingga tidak mencapai target yang telah ditetapkan.

Kenapa Jangkauan Instagram Sedikit?

Tahun 2020 algoritma Instagram berfokus pada jumlah jangkauan. Ini berarti, kesempatan postingan yang kita unggah akan semakin besar potensinya dilihat oleh pengguna jika akun kita memiliki jumlah tayangan yang tinggi. Ini juga secara praktis, biasanya akan membuat jumlah like atau comment dan bahkan potensi penambahan followers akan meningkat.

Sayangnya, tidak semua postingan yang diunggah itu mendapat jangkauan yang banyak? Lantas, mengapa atau kenapa jangkauan Instagram sedikit?

Alasan paling sederhana adalah kurangnya engagement pada akun instagram. Engagement berarti interaksi baik berupa like, comment, ataupun save pada postingan.

Sementara alasan lain mengapa jangkaun Instagram sedikit adalah adanya shadow banned berupa pembatasan oleh Instagram tergadap akun-akun yang terindikasi spam. Baik itu karena melanggar ketentuan Instagram atau karena pemilik akun hanya hit and run, posting lalu meninggalkan. Tanpa melakukan interaksi baik balas komentar ataupun like pada postingan akun yang diikuti.

cara memperluas jangkauan postingan instagram

Cara Memperluas Jangkauan Postingan Instagram

Karena algoritma Instagram tiap saat berubah, entah dalam hitungan bulan atau tahun. Maka sebagai pemilik akun Instagram, Anda bisa menerapkan beberapa cara ‘paten’ berikut yang bisa digunakan, diantaranya:

1. Buat postingan Interaksinya Tinggi

Postingan Instagram yang bagus adalah postingan Instagram yang memiliki interaksi atau engagement. Layaknya di dunia nyata, pertemanan atau hubungan sosial akan semakin baik jika terjadi interaksi antara satu orang dengan orang lain.

Sederhananya, perubahan algoritma Instagram itu didesain agar bisa menyerupai kehidupan sosial manusia di dunia nyata. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jangkauan postingan yang banyak maka posting hal-hal yang bisa mengundang interaksi tinggi.

Apa saja konten yang bisa mengundang interaksi tinggi?

Ada beberapa konten yang bisa anda pertimbangkan dan menjadi pilihan yang sangat bagus, diantaranya konten tanya jawab, polling, tebak-tebakan, carousel (konten dengan banyak slide), dan video-video menarik.

2. Posting Dijam Ramai

Ini merupakan salah satu cara yang masih paten digunakan sampai sekarang dalam rangka memperluas jangkauan Instagram. Posting konten dijam-jam ramai.

Jam-jam atau waktu dimana orang banyak membuka Instagram biasanya adalah waktu pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau sekolah, biasanya dari jam 6 sampai jam 7 pagi, kemudian jam makan sebelum makan siang, dan terakhir jam pulang kantor sampai jam 9 malam.

Diluar ketiga waktu tersebut, biasanya jumlah orang yang membuka Instagram sedikit sehingga potensi konten yang diposting untuk dilihat juga sedikit.

3. Gunakan Hastag Relevan dan Populer

Penggunaan hastag atau tanda pagar (tagar) di Instagram sampai sekarang masih sangat berguna. Namun penggunaan tagar ini tidak boleh sembarangan alias harus terkontrol, relevan, dan populer.

Jangan gunakan tagar yang populer namun itu tidak relevan atau sesuai dengan konten yang anda bagikan. Misalnya, konten anda tentang makanan, namun anda juga menggunakan tagar gunung, alam, dan yang semisal.

Selain relevan dengan konten, Anda juga harus menggunakan tagar yang populer yang sesuai dengan konten yang dibagikan. Penggunaan tagar populer ini bisa dengan mudah untuk anda riset di kolom pencarian ataupun menggunakan tools.

4. Posting Gambar atau Video Kualitas Tinggi

Untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi, jangan pernah memposting konten di Instagram anda dengan kualitas rendah (low). Selalu unggah baik gambar ataupun video yang memiliki kualitas tinggi (hight quality).

Gambar yang buram atau video yang tidak jelas akan membuat pengguna tidak tertarik untuk melihat atau memberikan interaksi pada konten-konten anda. Jika ini terus menerus dilakukan, maka algoritma Instagram akan menilai bahwa konten yang anda bagikan tidak bagus.

5. Tingkatkan Jumlah Pengikut

Pengikut atau followers juga merupakan hal yang penting dan pondasi awal agar postingan anda mendapat jangkauan yang tinggi. Selalu cari cara untuk meningkatkan jumlah followers akun anda, misalnya pada awal menggunakan auto followers.

Biasanya pada tahap awal pembuatan akun, pengguna ragu atau bahkan tidak mau mengikuti akun yang jumlah followers-nya sedikit. Tentu perlu diingat bahwa pertumbuhan followers ini harus dilakukan berimbang.

Karena jika ada akun baru dibuat dengan jumlah postingan masih sedikit, namun sudah memiliki followers yang sangat banyak maka calon followers juga biasanya akan ragu apakah akun ini kredibel atau tidak.

Sehingga pada tahap awal, anda bisa menggunakan auto followers Indonesia yang dimanfaatkan secara bertahap dan berimbang sehingga anda bisa mendapatkan pertumbuhan followers yang baik.

**

Demikianlah cara memperluas jangkauan postingan Instagram yang bisa diterapkan dan alasan kenapa kadang jangkauan tersebut sedikit. Cara-cara sederhana di atas bisa anda terapkan secara rutin atau konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here