Home Business Digital Marketing Website, Jangkau Untung Sampai Ujung Dunia

Digital Marketing Website, Jangkau Untung Sampai Ujung Dunia

0

Semua dari pelaku usaha pasti mengharapkan keuntungan yang besar dari usaha yang dirintisnya. Namun, tak bisa dipungkiri, tidak semua pengusaha bisa mencapai harapan tersebut dengan mudah. Salah satu yang kerap menjadi kendala adalah masalah pemasaran atau marketing. Padahal, di era internet ini, salah satu cara pemasaran paling efektif dan relatif terjangkau adalah dengan digital marketing.

Era industri 4.0 memang menuntut digitalisasi di setiap lini, termasuk pemasaran. Para pelaku usaha, terutama yang masih tergolong baru, jangan sampai menjadikan tuntutan digitalisasi ini sebagai beban. Justru, mereka harus menjadikan digitalisasi sebagai peluang meningkatkan keuntungan usaha.

Mengenal Digital Marketing Website Untuk Pelaku Usaha

Usaha kecil atau baru, biasanya dibangun dengan modal yang terbatas dan didirikan oleh perseorangan atau kelompok usaha masyarakat. Oleh karena itu, ada anggaran yang harus dipangkas untuk menekan biaya pengeluaran. Dan yang sering terjadi, beberapa pelaku usaha akan mengesampingkan biaya untuk pemasaran dan lebih memilih pemasaran dari mulut ke mulut.

pentingnya digital marketing

Teknik pemasaran dari mulut ke mulut bisa jadi memang efektif, karena kredibilitasnya lebih tinggi. Orang akan cenderung lebih percaya dengan suatu produk atau penyedia jasa yang sering dibicarakan oleh orang terdekatnya. Namun ini juga yang menjadi kelemahan teknik pemasaran ini. Karena hanya seputaran teman-teman dan kerabat dekat, maka promosinya kurang meluas.

Maka dari itu, hadirlah teknik pemasaran lewat dunia maya, atau biasa disebut  digital marketing  . Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan, seperti media sosial (Instagram, Facebook, Twitter) atau yang saat ini mulai ramai digunakan adalah dengan membuat website sendiri.

Digital Marketing Website
Kenapa digital marketing menggunakan website dianggap lebih ampuh daripada teknik marketing yang lain?

Jawabannya saat ini hampir setiap orang di penjuru dunia mengenal Internet dan dari internet tersebut pertukaran informasi bisa sangat mudah diakses. Maka dengan kemudahan pertukaran informasi tersebut tentunya bisa dimanfaatkan untuk menginformasikan sebuah produk dari sebuah usaha.

Pentingnya Menerapkan Digital Marketing

Setelah pengantar singkat tentang digital marketing, berikutnya Anda harus tahu pentingnya penerapan digital marketing di dalam dunia usaha. Dengan pembahasan ini, Anda akan tahu keuntungan dan manfaat yang Anda dapatkan dari penerapan digital marketing, khususnya penggunaan website.

  1. Meningkatkan Jaringan Pasar

    Dengan adanya internet, hambatan akan pertukaran informasi menjadi sangatlah kecil. Bertukarnya informasi antar negara bisa dilakukan dalam sepersekian detik. Kecepatan tersebut tentu akan sangat menguntungkan.

    Inilah keuntungan yang penting apabila pelaku usaha mau memasarkan produknya dengan digital marketing. Teknik pemasaran yang dulunya dilakukan dari mulut ke mulut kini bisa lebih luas jangkauannya. Karena dengan menggunakan perantara website, informasi produk dari sebuah usaha dapat diunduh atau dilihat konsumen di belahan dunia manapun dan kapanpun.

  2. Target Konsumen yang Tepat

    Sebuah tampilan website untuk digital marketing tentu dapat diatur sesuai dengan target konsumen dan produknya. Sehingga dengan menentukan design yang tepat akan membuat konsumen nyaman untuk memilih produk. Tentu saja kenyamanan konsumen adalah hal penting dalam membangun usaha.

    Kemampuan digital marketing saat ini bisa diatur untuk mengarah kepada calon konsumen yang memiliki minat terhadap produk sejenis dengan produk yang sedang dipasarkan. Hal ini adalah penting sekali karena dengan penargetan yang tepat secara langsung pelaku usaha tidak mengeluarkan biaya untuk marketing berlebihan.

    Contoh kecilnya, apabila disuruh memilih sebagai pelaku usaha kompor, Anda seharusnya langsung menuju rumah konsumen yang benar-benar membutuhkan kompor baru, daripada menuju semua rumah, tapi tidak menemukan satu pelanggan pun. Inilah kemampuan yang bisa dilakukan oleh digital marketing. Mungkin terlihat muluk sekali, tapi inilah kemampuan era digital saat ini.

  3. Lebih Dekat Dengan Konsumen

    Sebagai konsumen atau pelanggan tetap, tentu akan sangat senang apabila ketika membutuhkan sebuah produk bisa dipesan kapanpun dan dimanapun. Kemampuan sebuah digital marketing dengan website atau menempatkan tampilan produk pada website akan memudahkan pelanggan dalam memesan produk.

    Ibarat kata, konsumen akan lebih memilih toko terdekat untuk membeli produk, daripada harus jauh-jauh pergi keluar rumah untuk barang yang sama. Maka dengan membangun website untuk digital marketing sama dengan mendekatkan tempat usaha kepada konsumen secara digital. Selain itu dengan menempatkan layanan pelanggan akan sangat membantu konsumen dengan respon cepat apabila terjadi masalah.

  4. Menarik Datangnya Investor

    Sebuah website usaha sebagai digital marketing akan sangat populer di situs pencarian apabila diterapkan dengan cara yang tepat. Selain untuk memancing konsumen, sudah tentu dapat menarik investor untuk ikut membangun usaha dengan memberikan modal besar.

    Sebagai pelaku usaha baru tentu sudah tidak asing dengan beberapa startup unicorn Indonesia. Tentu saja startup tersebut awalnya juga berupa website kecil rintisan yang menerapkan digital marketing secara tepat. Dan ini bisa ditiru oleh pelaku usaha kecil atau besar.

    Dari munculnya unicorn-unicorn Indonesia dari sebuah usaha rintisan tersebut maka tentu bukan hal mustahil untuk mendapatkan investor. Kuncinya adalah tepat dalam membangun digital marketing dengan laman website.

Tips Digital Marketing dengan Website

P engembangan pemasaran secara digital menggunakan website memang tidak dipungkiri haruslah dipersiapkan secara matang. Termasuk di dalamnya adalah pembuatan sebuah website. Berikut beberapa hal yang bisa membantu dalam memulai digital marketing.

strategi-digital-marketing-website
  • Brand

Pertama adalah pilih nama brand website atau nama domain, pilih sesuai dengan nama usaha dan mudah diingat. Kedua pilih penyedia jasa hosting yang bagus, jangan bingung banyak sekarang yang menyediakan jasa hosting khusus usaha dengan harga murah atau promo.

  • Konten

Selanjutnya adalah menyiapkan konten terkait dengan produk yang akan dijual. Bisa dengan copywriting atau dengan artikel yang dioptimasi khusus untuk search engine. Di bagian ini memang cukup rumit namun sangatlah krusial, jangan takut sekarang sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan konten.

  • Akun Sosial Media

Selaraskan dengan akun-akun sosial media sehingga customer akan semakin tertarik dengan nama brandnya serta produk yang dijual. Tambahkan beberapa promosi kecil lewat website atau akun sosial media bisa dalam bentuk promo langsung atau giveaway.

  • Search Engine Optimization

Sebenarnya tidak ada pakem khusus dalam memasarkan produk lewat website namun yang terpenting adalah konten dan bahasa marketingnya. Dan catatan khusus yang tak kalah penting adalah, sedikit memahami algoritma dari web search engine seperti google yang akan sangat membantu.

Kesimpulan

Memanfaatkan kemudahan dari adanya teknologi saat ini adalah kunci sukses untuk meningkatkan jumlah konsumen atau pasar. Sehingga tidak perlu takut bersaing dan tidak berkutat melulu dengan cara pemasaran yang konvensional.

Digital Marketing menggunakan website sangat penting sekali untuk membangun brand usaha dan banyak sekali keuntungannya. Maka akan sangat salah apabila saat ini sebuah usaha rintisan tidak mau memanfaatkan digital marketing. Apabila kesulitan dalam membangun digital marketing dengan website kini banyak sekali pelatihan atau tutorial yang tersedia terkait dengan hal ini.

Demikian sedikit tentang digital marketing website. Semoga dapat menginspirasi pelaku UMKM dimanapun berada. Salam Sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here