Beranda Fashion

Kenali Ukuran Baju Pria Berikut, Bye Kesempitan & Kedodoran!

197

Masih bingung menentukan ukuran baju pria yang pas di badan? Stop deh. Sudahi kebingungan Anda sekarang juga. Yuk, baca ulasan berikut. Hal ini penting sekali untuk diketahui, terutama bagi Anda yang gemar melakukan pembelian baju favorit secara online.

Berbagai platform online shop yang kian menjamur merupakan salah satu dorongan kuat bagi kita untuk mengetahui banyak hal meski dari jauh. Anda dapat memanfaatkan segala akses digital yang ada untuk mempelajari sesuatu. Termasuk juga cara mengetahui panduan baju pria yang sering menjadi pertanyaan panjang tak berujung.

Tak jarang, seseorang yang telah terlanjur membelikan baju untuk kekasih, sahabat, keluarga, atau bahkan dirinya sendiri, pada akhirnya menyesal. Penyesalan tersebut terjadi karena banyak dari kita yang belum paham tentang keseragaman ukuran baju dan cara menentukan yang fit dengan tubuh masing-masing.

Hal-hal yang Penting Diperhatikan sebelum Menentukan Ukuran Baju Pria

Silakan simak uraian di bawah ini untuk mendapatkan info selengkapnya tentang cara mengetahui ukuran baju kemeja pria serta jenis pakaian lainnya.

1. Ketahui Cara Mengukur Tubuh Pria

Sebelum menentukan ukuran baju pakaian, hal yang perlu diketahui adalah ukuran tubuh Anda. Kegiatan pengukuran lazimnya dibantu dengan alat ukur, yaitu metline. Beberapa angka yang perlu Anda kumpulkan datanya antara lain; lingkar dada, lingkar bahu, panjang baju dan dan panjang tangan.

cara-menentukan-ukuran-baju-pria
Cara menentukan ukuran baju/image:frozenshop.com

a. Lingkar Dada

Lingkar dada dapat diketahui dengan meletakkan metline mengelilingi bagian dada. Berikan ruang sesuai kenyamanan Anda dalam memakai baju. Satu tips pada saat mengukur lingkar dada yaitu dengan cara mengambil napas dalam-dalam, sehingga dada membusung. Hal ini bertujuan agar nantinya baju yang dipilih tidak terasa sesak ketika dipakai berkegiatan. Anda juga dapat menggunakan cara pengukuran seperti yang tertera di gambar. Sama saja, kok.

b. Lingkar Bahu

Lingkar bahu bisa diukur dengan cara mengukur lebar bahu terlebih dahulu, kemudian dikalikan 2. Cara ini akan jauh lebih mudah jika Anda melakukan pengukuran sendiri. Anda dapat menambahkan satu atau dua sentimeter dari angka asli dari pengukuran lingkar bahu tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan Anda lebih leluasa ketika melepas atau mengangkat baju dari tubuh.

c. Panjang Baju

Panjang baju mempengaruhi kepercayaan diri dalam beraktivitas. Bayangkan jika baju yang Anda pakai terlalu penjang atau terlalu pendek, tidak proporsional, bukan? Maka dari itu, ukuran panjang baju menjadi sangat penting diketahui. Anda hanya perlu mengukur dari pangkal kerah bagian atas baju hingga sepanjang baju yang ditentukan. Selanjutnya bandingkan dengan list ukuran panjang baju yang Anda bidik dengan pengukuran tubuh Anda.

d. Panjang Tangan

Panjang tangan akan sangat penting diketahui ketika Anda berniat untuk membeli baju berlengan panjang, seperti kemeja, kaos ataupun suit. Jika Anda telah memiliki baju yang sangat pas dengan tubuh Anda, cobalah untuk menjadikannya pembanding. Silakan gunakan metline dan ukur panjang lengan bagian atas hingga ujung lengan bawah. Dengan demikian, patokan ukuran baju pria lebih mudah Anda lihat.

2. Kenali Ukuran Brand Baju Pilihan Anda

Pembelian baju secara online akan memudahkan Anda dalam menganalisis ukuran yang sesuai dengan tubuh. Terlebih bagi Anda yang gemar berbelanja baju dengan brand tertentu yang memiliki ukuran berbeda satu dengan lainnya. Pastikan bahwa size chart dari brand yang akan Anda beli telah sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

3. Perhatikan Ukuran Baju Lokal dan Internasional

Banyak yang menanyakan tentang standar ukuran baju pria Indonesia demi memperoleh size yang cocok. Kita telah mengetahui bahwa ada dua ukuran baju secara general, yaitu internasional dan lokal. Sebagai orang Indonesia, apakah betul kita harus memilih baju dengan ukuran lokal? Tentu tidak selalu demikian. Kembali ke poin pertama, ketahui terlebih dahulu ukuran tubuh Anda, lalu kemudian pilih ukuran baju.

ukuran-baju-pria
Standar baju pria/image:gudangseragam

Perhatikan gambar tabel di atas. Cukup jelas, bukan? Sebagian dari Anda mungkin masih mengandalkan panduan ukuran baju pria hanya dari recording pembelian sebelumnya. Kebiasaan tersebut tidaklah tepat, mengingat jenis ukuran yang beragam. Oleh karena itu, mulailah berpikir lebih matang dan memutuskan sesuatu berdasarkan data. Di bawah ini terlampir daftar ukuran baju pria dewasa Internasional yang perlu Anda ketahui juga.

konversi-ukuran-baju-pria-dewasa
image: zalora.co.id

Untuk detail panduan ukuran pria di beberapa negara dapat Anda lihat pada tabel berikut.

standar-ukuran-baju-pria-internasional
Standar ukuran baju pria internasional/image:fadkhera.com

Menentukan Baju berdasarkan Berat Badan, Apakah Akurat?

Beberapa online shop menyertakan kategori berat badan pada size chart produk yang mereka jual. Hal ini memicu pertanyaan tentang bagaimana cara mengetahui ukuran baju dari berat badan pria. Namun demikian, bukan serta merta hanya mengandalkan data berat badan saja, Anda tetap harus memperhatikan ukuran tubuh seperti yang tekah dibahas sebelumnya. Mengapa? Karena postur tubuh manusia berbeda-beda.

Gambar di atas merupakan salah satu contoh size chart yang mencantumkan berat badan sebagai salah satu parameternya. Selain berat badan, tinggi badan juga ternyata dibutuhkan untuk mengetahui ukuran baju pria sebelum menentukan baju yang fit dengan tubuh Anda.

Bagaimana Cara Menentukan Fit atau Tidaknya Baju Anda?

Anda dapat mengecek, apakah baju yang dimiliki fit atau tidak. Tips kali ini cocok untuk Anda yang hendak membeli baju secara offline, karena dapat dicoba dan dikenakan langsung di ruang pas. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda notice sebelum memilih baju yang nyaman dan fit dengan tubuh Anda.

1. Cek Button Bagian Dada

Silakan kenakan calon baju yang hendak di beli, terutama baju yang memiliki kancing di bagian depan. Cobalah untuk membusungkan dada dengan cara menarik napas maksimal dan menegakkan dada ke depan. Jika hal yang Anda rasakan adalah sesak dan kancing pada baju terlihat seperti hendak terbuka, berarti baju tersebut tidak fit dengan tubuh Anda.

Bagaimana jika model yang dipilih sudah ‘harga mati’? Well, Anda dapat mencari baju serupa dengan size yang lebih besar. Jika tidak memungkinkan, Anda tetap bisa memakainya dengan trik ini. Silakan pakai kaos dengan warna yang matching, baru kemudian kenakan baju tersebut di luarnya. Jangan kancingkan baju Anda dan biarkan ia terbuka secara natural sehingga menjauhkan Anda dari gerak terbatas.

2. Cek Kancing Baju Bagian Atas dan Gerakkan Tangan ke Berbagai Arah

Ciri-ciri baju yang fit adalah ketika Anda mengancingkan seluruh button hingga yang paling atas, dan dapat memasukkan dua jari ke dalamnya. Jika yang Anda rasakan adalah sesak dan tak ada satupun jari yang bisa masuk, berarti baju tersebut tidak fit dengan Anda. Dapat dilakukan trik pada poin sebelumnya untuk mengatasi masalah ini.

Selanjutnya, coba gerakkan tangan Anda ke depan, samping dan belakang. Jika terdapat rasa tidak nyaman akibat terlalu ketat, maka baju tersebut juga tidak fit dengan Anda. Masalah ini biasanya menjadi keresahan bagi pria-pria yang memiliki otot lengan yang besar.

Anda sebaiknya memilih ukuran baju pria yang fit dengan tubuh Anda. Perpaduan pengecekan seperti di atas diharapkan dapat mengantarkan Anda pada kepuasan dalam memilih baju untuk dibeli. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here