Beranda Business

Contoh Tanaman yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

137

Anda bisa memilih beberapa contoh tanaman penghasil uang terbesar untuk memulai bisnis dengan banyak keuntungan. Jenis-jenisnya memang memiliki nilai jual sangat tinggi sehingga dapat dijadikan peluang memulai usaha. Tidak heran jika sang pemilik bisa meraup keuntungan berlimpah.

Artikel ini akan mengulas 10 contoh tanaman yang menguntungkan dengan harga jual tinggi. Bisa dibayangkan, anda yang memiliki lahan dan hobi menanam bisa melirik tanaman penghasil uang ini sebagai usaha budidaya.

Beberapa Contoh Tanaman Penghasil Uang Terbesar

Anda bisa membudidayakan beberapa pohon penghasil uang terbesar untuk memulai usaha cukup di rumah. Banyak orang sudah mencobanya karena tanaman semacam itu memang memiliki nilai jual tinggi saat dijual nantinya. Bisa dikatakan bahwa bisnis ini merupakan salah satu investasi.

Lantas apa saja jenisnya?

1. Adenium

Tanaman pertama yang bisa Anda jadikan usaha yaitu Adenium. Jenis tumbuhan ini memang dianggap cukup langka dan memiliki keindahan untuk dipajang di berbagai tempat. Ciri khasnya adalah mempunyai cabang berupa bonggol pendek dan besar sehingga bentuknya cenderung unik.

tanaman penghasil uang terbesar
Adenium atau kamboja Jepang

Tanaman Adenium ini mempunyai bunga yang sangat indah dengan perpaduan warna putih dan juga merah muda. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukainya meskipun harus mendapatkannya dalam biaya cukup mahal. Kabarnya tumbuhan ini dijual sekitar harga 50 jutaan.

2. Venus Flytrap

Tanaman berikutnya yaitu Venus Flytrap. Jenis tumbuhan ini memang sangat unik sebab merupakan salah satu pohon karnivora sehingga bisa menangkap lalat di sekitarnya. Bentuknya menyerupai capit berbentuk oval dengan ukuran diameter sebesar 10 cm.

contoh tanaman yang menguntungkan
Venus si perangkap lalat

Tanaman Venus Flytrap akan secara langsung menangkap lalat yang sedang hinggap di atasnya menggunakan capit. Alat ini dapat memiliki kemampuan untuk menutup dan mempunyai perangkap bagi serangga di dalamnya. Anda bisa memilih tumbuhan ini karena dijual sekitar 50 hingga 120 jutaan.

3. Adam dan Hawa

Banyak orang menyebutnya sebagai tanaman nanas kerang. Adam dan Hawa ini memang biasa tumbuh secara roset ataupun daun di sekitar permukaan tanah. Anda perlu mempersiapkan kondisi yang lembab jika ingin berbisnis melalui tumbuhan ini.

tanaman Adam dan Hawa nenas kerang
Tanaman hias adam-hawa (Nanas kerang)

Secara fisik, tanaman Adam dan Hawa memang serupa seperti nanas pada umumnya namun tidak bisa menghasilkan buah. Anda bisa melihatnya melalui bentuk daun yang lancip dan panjang. Kabarnya tumbuhan ini dapat terjual dalam kisaran harga Rp 10 hingga 30 ribuan setiap bibitnya.

4. Nusa Indah

Nusa Indah ini berasal dari Asia dan Afrika sehingga mampu menghasilkan bunga yang sangat indah. Tanaman ini memiliki warna putih, merah, merah jambu dan hijau pupus sekaligus. Keindahan ini menjadi alasan mengapa banyak orang akan membelinya meskipun dengan harga lumayan mahal.

tanaman nusa indah

Tanaman Nusa Indah biasanya mampu tumbuh dengan ketinggian sekitar 1 hingga 2,5 meter. Tumbuhan berbunga indah ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan bisnis karena bisa dijual dalam harga Rp 50 ribu setiap satu buahnya.

5. Mawar

Tanaman hias jenis bungan ini memang sudah digemari oleh banyak orang meskipun memiliki duri di bagian batangnya. Tumbuhan ini mampu menghasilkan bunga yang indah sepanjang tahun sehingga banyak orang mencarinya demi mendapatkan keindahan ini. Perawatannya pun juga tidak memerlukan biaya tinggi.

bunga mawar

Tumbuhan mawar dapat tumbuh dengan baik di dalam polybag ataupun pot. Anda perlu mengetahui bahwa terdapat 4 jenis diantaranya seperti mawar liana, semak, pot dan juga pohon. Tanaman ini bisa terjual keras hingga mencapai Rp 80 ribu untuk setiap tangkainya.

6. Euphorbia

Tanaman selanjutnya yaitu Euphorbia. Anda bisa mulai menanamnya baik di iklim panas maupun dingin. Tentunya kelebihan ini akan sangat cocok jika ditanam di wilayah tropis Indonesia. Jenisnya pun beragam berdasarkan kemampuan tubuhnya mulai dari merambat, semak dan sukulen.

Bunga Euphorbia

Tanaman Euphorbia memiliki batang berwarna hijau coklat serta terdapat duri di sisinya. Bunganya memiliki warna merah, kuning, hijau, ungu dan merah kekuningan. Anda bisa mulai mencoba usaha dengan pohon ini karena bisa terjual dalam kisaran harga mencapai Rp 75 ribu untuk setiap tangkai.

7. Monstera

Anda bisa memilih tanaman ini untuk memulai usaha karena banyak orang mencarinya. Monstera seringkali digunakan bagi pemilik rumah bertema minimalis atau Skandinavia. Tema hunian seperti ini memang menjadi pilihan saat ini sehingga tumbuhan ini memiliki peluang keuntungan besar.

Tanaman Monstera

Monstera sangat cocok ditanam di berbagai iklim sehingga Anda bisa menanamnya meskipun di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Nilai jual dari tanaman ini memang cukup tinggi yaitu mencapai Rp 150.000. Tentunya angka ini relatif mahal jika dijual dalam jumlah banyak.

8. Sri Rejeki

Tentu Anda sudah sering melihat salah satu tanaman ini. Tumbuhan Aglaonema ini mempunyai daun berwarna hijau dengan corak merah atau putih di bagian sisinya. Banyak jenis yang tersedia di pasaran sehingga harga jualnya pun juga beragam.

Tanaman Sri Rejeki

Salah satu alasan mengapa orang-orang mencari tanaman ini adalah pesona dari daunnya sehingga terlihat elegan dan estetis. Banyak rumah akan ditanami Sri Rejeki sebab cocok dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Anda bisa memperoleh untung banyak sebab tumbuhan ini laku sekitar 60 ribuan.

9. Anggrek

Banyak orang sudah melakukan budidaya anggrek karena proses perawatannya cukup mudah dan juga tidak membutuhkan banyak uang selama pemeliharaan. Anda pun juga bisa mencoba menanamnya dengan beragam warna mulai dari putih, ungu, kuning dan lainnya.

Tanaman Anggrek

Kabarnya anggrek merupakan tanaman yang mempunyai permintaan tinggi dari banyak orang. Beberapa jenis tumbuhan ini memang dibandrol dalam harga mahal namun masih diminati oleh pembeli untuk mencoba memeliharanya.

10. Sayuran Organik

Tanaman terakhir yang bisa Anda gunakan untuk memulai usaha adalah sayuran organik. Perlu diketahui bahwa banyak orang sudah mulai beralih mengkonsumsinya demi mengutamakan kesehatan. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan guna mendapatkan keuntungan.

sayuran organik
sayuran organik

Sayuran organik memang dijual dalam harga yang lebih tinggi karena membutuhkan perawatan ekstra. Anda pun bisa belajar bagaimana cara merawatnya sehingga berhasil menghasilkan produk berkualitas dan laku di pasaran. Harapannya yaitu banyak orang akan membelinya demi masalah kesehatan.

Itulah tadi 10 tanaman penghasil uang terbesar yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai usaha. Tentu hal ini tidak dapat dilakukan dengan mudah sebab membutuhkan kemampuan mulai dari perawatan. Mengingat jika pemeliharaan berbagai tumbuhan memang memerlukan waktu cukup lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here