Beranda Business

Rincian Keuntungan Usaha Konter Pulsa dan Kuota Internet

15

Apakah anda tertarik untuk membuka usaha kios pulsa atau sering disebut dengan usaha konter. Tulisan dalam artikel ini akan menyuguhkan analisa kebutuhan dan rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet. Simak terus sampai akhir, ya.

Peluang usaha pulsa dan kuota internet memang masih sangat terbuka lebar. Pasalnya, kebutuhan pulsa dan paket data atau kuota internet terus mengalami peningkatan.

Selain semakin luasnya jaringan internet, faktor lain yang mempengaruhi adalah pertambahan jumlah penduduk atau pengguna internet. Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2019 ada sekitar 171,17 juta pengguna internet di Indonesia.

Sehingga potensi permintaan kebutuhan pulsa dan kuota internet dipastikan sangat besar. Lalu bagaimana rincian modal usaha konter pulsa dan kuota?

Analisis Rincian Modal Usaha Konter Pulsa dan Kuota Internet

Secara garis besar, kebutuhan modal usaha ini dibagi menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap biasanya bersifat ongkos atau pengeluaran yang dilakukan sekali dalam jangka waktu lama, sementara biaya variabel meningkat seiring dengan majunya usaha.

rincian modal usaha konter pulsa

Jika kita ingin rinci dalam tabel, maka rincian dan kebutuhan modal usaha membuka konter pulsa dan kuota adalah sebagai berikut.

NoRincian BiayaEstimasi Biaya
1Sewa tempatRp 5.000.000
2EtalaseRp 1.200.000
3HandphoneRp 500.000
4Kursi plastikRp 200.000
5Spanduk dan bannerRp 200.000
6Buku catatan dan pulpenRp 30.000
7Biaya listrikRp 85.000
8Deposit pulsaRp 1.000.000
9Deposit KuotaRp 1.000.000
10Kartu perdanaRp 500.000
11Kartu kuotaRp 500.000
12Lain-lainRp 500.000
TotalRP 10.715.000

Sewa tempat

Biaya sewa tempat termasuk komponen yang cukup penting, karena ini akan menentukan jumlah penjualan. Dalam strategi bauran pemasaran, komponen lokasi usaha ini sangat diperhatikan.

Usaha konter pulsa ini akan laris manis di daerah-daerah ramai dan mudah dijangkau. Misalnya di daerah kos-kosan, persimpangan jalan, di dekat kampus atau sekolah.

Biaya yang dikeluarkan untuk sewa lokasi ini biasanya bervariasi. Ada lokasi yang kurang dari estimasi rincian di atas, ada yang lebih mahal, dan adapula yang gratis.

Jika anda memiliki rumah yang strategis dan ramai, tentu biaya sewa tempat ini tidak lagi menjadi persoalan bagi anda.

Etalase

Etalase menjadi komponen biaya yang krusial. Sebab disini anda bisa memajang kartu perdana dan kartu kuota.

Harga etalase ini juga bervariasi, biasanya tergantung model dan besarnya. Beberapa harga standar etalase ini adalah 1 jutaan. Biaya etalase ini bisa dikurangi dengan mencari atau membeli etalase bekas yang harganya lebih murah.

Lihat juga: Contoh Value proposition canvas

Handpone Transaksi

Mempersiapkan handphone khusus untuk transaksi pulsa sebenarnya bersifat opsional. Artinya dengan menggunakan HP yang anda miliki juga bisa dilakukan dan tentunya ini bisa mengurangi modal yang dibutuhkan.

Namun jika anda ingin melengkapinya dengan HP khusus, maka anda bisa membeli HP model lama atau yang bekas (second). HP model lama dan bekas bisa dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Sarana Pendukung

Untuk melengkapi usaha konter pulsa, lengkapi dengan beberapa kursi plastik untuk pelanggan. Selain itu, dibutuhkan juga sejumlah alat tulis dan buku catatan pembelian pulsa.

Pembukuan pembelian ini sangat penting untuk melakukan evaluasi penjualan, misalnya dari bulan ke bulan.

Spanduk dan banner juga penting dalam mempromosikan usaha. Salah satu strategi promosi yang bisa diakukan untuk menarik pelanggan yakni dengan mendesain spanduk dan banner yang unik atau lucu.

Deposit Pulsa dan Kuota

Estimasi pembelian deposit atau saldo pulsa dan kuota ini bisa menyesuaikan, sehingga biasanya komponen biaya ini termasuk biaya variabel.

Tentu saat awal-awal, pengisian deposit pulsa dan kuota bisa dilakukan sedikit atau diperkirakan. Seiring dengan ramai dan pertambahan penjualan harian atau bulanan, maka deposit ini bisa terus ditambah.

Kartu Perdana dan Kuota

Untuk menarik pelanggan, lengkapi konter dengan berbagai kartu-kartu perdana dan kuota. Belilah kartu perdana dan kuota yang sering dipakai oleh masyarakat. Namun, tidak ada salahnya juga melengkapinya dengan kartu perdana dan kuota semua operator.

Biaya Listrik

Estimasi biaya listrik bisa menyesuaikan dengan besaran pemakaian. Untuk listrik 900 watt, biasanya biaya pemakaian bulanan sekitar 85 ribu rupiah.

Biaya lain-lain

Komponen biaya lain-lain biasanya juga disebut dengan biaya tak terduga atau biaya tambahan. Besar kecilnya sangat tergantung, tetapi biasanya dipersiapkan sebesar 5 sampai 10 persen dari total modal

Berapa Keuntungan Usaha Konter Pulsa dan Kuota?

Untuk memperkirakan kentungan yang bisa diraih dari bisnis jual pulsa dan kuota internet ini bisa diperkirakan lewat perhitungan bulanan. Pengeluaran rutin bulanan usaha ini meliputi pembelian deposit, kartu, dan biaya listrik. Sementara komponen pemasukan terdiri dari penjualan pulsa, kuota paket data, dan kartu perdana.

Untuk memudahkan, anggaplah margin (selisih) penjualan untuk pulsa adalah 10%, penjualan kuota sebesar 30%, dan penjualan kartu perdana dan paket data sebesar 20%, maka rincian keuntungannya adalah sebagai berikut.

NoRincianHarga
1



Penjualan:
Pulsa
Kuota
Kartu perdana
Kartu Kuota

Rp 1.100.000
Rp 1.300.000
Rp 600.000
Rp 600.000
Total PenjualanRp 3.600.000
2


Pengeluaran:
Deposit pulsa & Kuota
Kartu perdana & kuota
Listrik

Rp 2.000.000
Rp 1.000.000
Rp 85.000
Total PengeluaranRp 3.085.000
3KeuntunganRp 515.000

Jika merujuk kepada tabel rincian keuntungan di atas, maka tiap bulan bisa didapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 515.000 per bulan.

Apakah ini kecil? Dan bagaimana cara memaksimalkan keuntungan atau profit usaha? Yuk, lanjutkan artikel ini sampai akhir.

Strategi Meningkatkan Keuntungan Usaha Konter Pulsa dan Kuota

Ada beberapa strategi atau cara meningkatkan usaha konter pulsa dan kuota yang telah dibuka, diantaranya:

Memaksimalkan Usaha Pendamping

Usaha pendamping konter pulsa dan kuota yang bisa dilakukan untuk meningkatkan profit bulanan adalah dengan menjual aksesoris dan perlengkapan HP. Misalnya charger, headset, dan speaker.

Selain itu, usaha konter ini bisa ditambahkan dengan layanan jual beli HP bekas dan menjual minuman dingin untuk pelanggan.

Meningkatkan Promosi dan Layanan

Untuk menarik pelanggan, usaha konter pulsa dipasangi dengan spanduk dan banner yang unik atau lucu sehingga pelanggan baru bisa tertarik datang.

Sementara untuk menjaga pelanggan lama tetap berlangganan atau setia membeli, anda bisa meningkatkan layanan saat transaksi dengan mereka. Berikan service terbaik untuk mereka.

Membatasi Daftar Harga Pulsa yang Dijual

Walaupun di atas telah diestimasi margin penjualan pulsa, namun margin masih bisa meningkat jika dilakukan strategi pembatasan daftar harga pulsa yang dijual.

Sebab pada prinsipnya, total keuntungan dari margin dihitung dari banyaknya transaksi. Artinya, semakin banyak transaksi terjadi maka keuntungan bisa didapatkan dengan maksimal.

Oleh karena itu, batasi harga pulsa, misalnya dengan menjual pulsa harga 5 ribu, 10 ribu, 20 ribu, dan maksimal 50 ribu.

Mendaftar pada Agen Pulsa Murah

Sebagai dealer pulsa dan kuota, untuk mendaptkan keuntungan dan margin yang besar adalah dengan mencari dan mendaftar pada agen atau server distributor pulsa murah. Karena walaupun selisih harganya hanya puluhan atau ratusan rupiah, namun hal itu dapat mendongkrak profit dari setiap penjualan.

Nah bagaimana menurut anda rincian modal usaha konter pulsa sekaligus penjualan kuota internet di atas? Apakah worth it atau menguntungkan? Kami yakin bahwa keuntungan akan semakin besar jika strategi di atas juga dimaksimalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here