Mudahnya Menjadi Seorang Blogger di Era Dunia Digital

Bagi sebagian orang menjadi seorang blogger adalah hal yang menyenangkan. Selain dapat berbagi pengalaman pribadi, cerita inspirasi, atau sharing pengetahuan, menjadi blogger juga bisa menghasilkan. Dalam perkembangan dunia digital ini, semakin terasa betapa mudahnya menjadi seorang blogger.

Lewat perkembangan teknologi informasi dan juga revolusi industri 4.0, gaya hidup digital (digital lifestyle) merupakan hal yang paling relevan. Termasuk aktivitas blogging juga menuntut perbaikan, inovasi, dan mengikuti perkembangan tersebut.

Mudahnya menjadi Seorang Blogger dan Peluang Pemanfaatan Dunia Digital

Saya masih teringat 5 atau 10 tahun lalu saat memulai membuat blog betapa susahnya menulis, menerbitkan, dan membagikan artikel blog. Salah satu kendala terbesar pada saat itu adalah sinyal internet.

Walaupun pada waktu itu warung internet (warnet) bisa menjadi andalan, namun terasa menyulitkan karena harus bolak-balik masuk warnet. Selain biaya sewanya yang cukup mahal. Biaya sewa warnet pada masa itu antara 3 ribu sampai 5 ribu rupiah perjam. Bahkan ada yang mematok 10 ribu rupiah.

Namun lewat perkembangan teknologi yang terus berkembang, saat ini kita bisa menikmati akses internet dimana saja dan kapan saja. Cukup dengan modal gawai (smartphone) kita bisa berselancar di dunia maya bahkan bisa membagikan atau menggunakannya sebagai sumber koneksi internet untuk laptop (tethering).

Nah asyiknya sebagai seorang blogger, saya juga merasakan manfaat luar biasa dari dunia digital. Memanfaatkan sambungan internet lewat gawai membuat saya bisa membaca beragam artikel sebagai sumber atau pustaka bagi artikel yang akan saya buat.

Bukan hanya itu, saya pun bisa dengan lebih mudah membuat draft artikel kapan pun saya mau. Menuliskan potongan artikel jika sedang mendapat inspirasi, misalnya saat berada di kendaraan umum atau saat nongkrong di warung kopi.

Pun begitu dengan job sebagai blogger (guest post atau content placement), dapat dengan mudah saya dapatkan. Karena selain memanfaatkan media email, juga sekarang sudah sangat terbantu dengan aplikasi perpesanan ataupun media sosial, seperti WhatsApp, Facebook, ataupun Instagram yang dengan mudah digunakan untuk saling kontak penawaran kerjasama blogger.

Dukungan 3 Indonesia untuk Para Blogger melalui Ekosistem Dunia Tri

Selain revolusi pada bidang informasi, perubahan besar juga terjadi pada trend penyajian konten artikel blog. Jika dulu membuat artikel blog hanya cukup dengan tulisan disertai sedikit gambar, namun sekarang penyajian artikel sudah agak bergeser.

Hari ini, artikel blog terasa tidak cukup jika hanya berisi tulisan dan gambar, tapi akan semakin menarik jika ditambahkan dan diperkaya (rich content) dengan infografik, potongan video, animasi, bahkan untuk wordpress sendiri telah memfasilitasi fitur AMP dan story mirip fitur sosial media.

Kabar baiknya bahwa 3 Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia memberikan dukungan akses internet luar biasa pada generasi muda untuk memanfaatkan berbagai platform, termasuk platform blogging untuk membagikan karya-karya dalam bentuk konten artikel.

Dukungan itu berupa dihadirkannya sebuah ekosistem digital yang dinamakan Dunia Tri. Sebagai sebuah ekosistem digital, 3 Indonesia menyediakan jaringan baru 3, di mana diklaim lebih kuat (lebih kencang) dan lebih luas di berbagai wilayah Indonesia.

Ini tentu sesuai harapan para blogger. Dimana para blogger membutuhkan akses internet yang kencang, bisa diakses dimana saja, puas tanpa batas, dan tidak takut kuota dibatasi.

Apa saja sih tawaran produk dari Dunia Tri?

dunia tri kekuantanku

Setidaknya ada tujuh produk unggulan untuk pelanggan 3 yakni:

  • lamaPuas tanpa batas dengan AlwaysOn
  • Kuota unlimited internetan 24 jam mulai 1.000
  • Ekosistem gaming H3RO
  • Aplikasi bima+ untuk keseruan hidup digital
  • Buka peluang usaha lewat Bima Agent
  • KeepOn untuk Inspirasi mu
  • Poin BonsTri

Melihat inovasi produk 3 Indonesia tersebut bagi para blogger akan “Jadi Lebih dengan Dunia Tri”. Akan lebih bagus dalam menyajikan konten artikel, lebih berbobot dan berkualitas, dan akan lebih mudah up date konten secara rutin. Untuk info selengkapnya terkait Dunia Tri, bisa langsung kunjungi laman ini ya.

Berkaca dari pengalaman ngeblog selama beberapa tahun ini, ternyata kebutuhan konten artikel juga akan semakin banyak. Nah asyiknya, sekarang tidak perlu khawatir lagi dengan akses internet sebab 3 sudah memiliki jaringan 4.5G Pro yang lebih kuat dan luas. Biarkan pengalaman ngeblog yang dulu menjadi pondasi sekarang untuk menyajikan artikel yang lebih bermanfaat dan kaya konten (rich content). Yuk, tetap semangat ngeblog untuk terus memberikan manfaat kepada para pembaca. “Tinggalkan dunia lama, saatnya jadi lebih dengan Dunia Tri“.

Tinggalkan komentar