Beranda Gadgets

Kursus Programming Nextgen

176

Kursus programming nextgen – Menjadi seorang programmer memang bisa jadi dambaan sebagian orang. Selain gajinya cukup besar, pekerjaan menjadi seorang programmer juga menyenangkan dan menantang, terutama untuk orang-orang yang hobi teknologi. Karir programmer juga bisa dibilang cerah apabila tetap konsisten mempelajari teknik-teknik baru dalam dunia IT. Dunia IT terutama pemrograman tidak akan berhenti berkembang dan berubah, disitulah kesempatan para programmer untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan banyak anak muda ingin menggeluti dunia programming. Pertama, lapangan pekerjaan dalam bidang ini memang cukup banyak karena dunia ini sedang bergerak ke era digitalisasi. Kedua, untuk menggeluti profesi programmer tidak memerlukan modal yang besar, cukup modal laptop dan internet saja kita sudah bisa menjadi seorang programmer yang handal. Ketiga adalah faktor gaji, gaji programmer cukup menggiurkan bahkan bisa tembus diatas 10 juta dalam waktu sekitar tiga tahun pengalaman saja.

Kursus Programming Nextgen
Gaji seorang programmer, developer atau enginer bidang IT pada perusahaan e-commerce

Tapi untuk memulai menjadi seorang programmer juga bukan hal mudah. Ada ribuan lulusan program studi IT setiap tahunnya di Indonesia. Walaupun lapangan pekerjaan dalam bidang ini tidak habis-habisnya, tetap saja seorang lulusan IT harus bersaing dengan para pelamar lain. Disinilah terjadi beberapa masalah untuk memulai karir sebagai orang programmer.

Masalah pertama adalah kurangnya pengalaman kerja. Perusahaan umumnya lebih tertarik untuk menerima pelamar yang sudah berpengalaman kerja. Pelamar yang sudah berpengalaman tidak butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan barunya. Masalah kedua adalah pelamar tidak menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman secara sempurna. Kurikulum di universitas tidak cukup untuk melatih lulusannya agar benar-benar menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman. Masalah terakhir adalah pelamar umumnya tidak pernah terlibat langsung dalam proyek pengembangan aplikasi. Mereka umumnya hanya mengandalkan tugas skripsi, padahal tugas skripsi sebagian besar hanya memakai teknik-teknik pemrograman dasar.

Untuk itulah PT Nextgen Inovasi Indonesia mengadakan kursus programming khusus yang bisa menjadi solusi bagi masalah-masalah diatas. Kursus programming ini terbilang unik karena dibantu oleh sistem cerdas khusus selain oleh para instruktur. Kursus programming ini dinamakan “Learning By Coding”, karena memang dari awal peserta kursus akan diberikan tugas coding sampai selesai.

Keunikan kursus programming ini adalah :

  1. Kursus ini menekankan pada pengerjaan tugas-tugas coding dan pengerjaan proyek pengembangan aplikasi. Kursus ini tidak menekankan kepada teori yang terlalu berbelit-belit, karena teori tanpa dikerjakan langsung tidak akan efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta kursus.
  2. Tugas coding dan proyek yang sudah dikerjakan akan diperiksa secara otomatis oleh suatu sistem secara online. Sistem ini yang akan menentukan apakah tugas dan proyek sudah dikerjakan dengan benar atau belum. Sistem ini juga akan menentukan kualitas algoritma yang dipakai oleh peserta. Sistem ini akan menjamin peserta selain mengerti juga berpengalaman dalam memakai suatu bahasa pemrograman ataupun suatu framework.
  3. Kursus ini dikerjakan secara online tanpa perlu memerlukan kelas khusus.
  4. Peserta juga akan dibantu oleh instruktur berpengalaman melalui webminar ataupun zoom meeting secara online.

Manfaat kursus programming metode ini adalah :

  1. Peserta menjadi berpengalaman terjun langsung dalam proyek pengembangan aplikasi, karena memang kursus ini banyak menekankan pada pengerjaan proyek.
  2. Memperbaiki algoritma peserta, karena sistem pada kursus ini juga menilai kualitas algoritma yang dibuat oleh peserta kursus.
  3. Melatih problem solving, karena pada kursus ini peserta dilatih untuk melakukan eksplorasi sendiri untuk menemukan solusi pada tugas coding dan proyek yang sedang dikerjakan. Peserta akan terbiasa melakukan googling untuk mencari solusi secara mandiri.
  4. Tugas coding dan proyek diberikan dalam bentuk dokumen teknis sehingga peserta menjadi terbiasa memahami dokumen teknis. Kemampuan beradaptasi dengan dokumen teknis diperlukan dalam dunia kerja.
  5. Kursus ini dikerjakan secara online sehingga waktu dan tempatnya bisa fleksibel.
  6. Kursus ini dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman untuk berkonsultasi. Bermanfaat untuk menambah wawasan peserta terhadap dunia IT secara umum.

Variasi materi kursus yang disediakan juga cukup banyak dengan harga yang beragam. Berikut beberapa materi kursus yang cukup populer yang disediakan oleh Nextgen :

  1. Kursus web programming.
    Berisi tiga materi kursus yang populer dalam satu paket untuk mempelajari pemrograman web yaitu kursus HTML, Javascript dan JQuery. Dengan mengambil paket maka harga kursus juga menjadi lebih murah.
  2. Kursus sql.
    Berisi materi kursus untuk belajar perintah SQL dengan menggunakan database MySql. Seorang programmer dituntut untuk menguasai perintah SQL karena hampir semua proyek aplikasi memerlukan database sebagai media penyimpanan informasi.
  3. Kursus javascript.
    Berisi materi kursus untuk belajar javascript. Javascript sekarang ini menjadi sangat populer karena banyak framework web yang berbasis Javascript seperti Angular, React.js dan Cordova. Seorang programmer sangat disarankan menguasai bahasa pemrograman Javascript.
  4. Kursus java.
    Java adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer sampai sekarang ini. Java hampir selalu dipakai untuk proyek integrasi dan sistem back end. Materi kursus java yang diberikan pada kursus ini sangat lengkap sehingga minimal membutuhkan waktu tiga minggu untuk menyelesaikan semua tugas coding yang diberikan.
  5. Kursus full stack developer.
    Ini adalah paket kursus yang paling lengkap yang disediakan oleh Nextgen. Saking lengkapnya sehingga membutuhkan waktu sampai minimal sembilan minggu untuk menyelesaikannya. Paket kursus ini sudah bisa dihitung sebagai pengalaman proyek. Terdiri dari materi HTML, Javascript, JQuery, proyek bagian front end, SQL, Java, Hibernate dan Java Spring kemudian terakhir mengerjakan proyek bagian back end.

Silahkan kunjungi halaman website PT Nextgen Inovasi Indonesia untuk mengetahui materi kursus lainnya dan berikut juga harga per materi kursus. Nextgen juga menyediakan free trial gratis untuk materi kursus HTML.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here