Sebelum Memulai, Pahami Beberapa Kelemahan Usaha Laundry

Saat membangun bisnis tentu terdapat keunggulan dan kekurangannya meskipun terlihat paling minim resiko, tidak menutup kemungkinan juga jika terdapat kelemahan usaha laundry.

Oleh sebab itu sebelum menjalankannya ada baiknya mengetahui terkait hal tersebut.

Beberapa Ancaman dan Kelemahan Usaha Laundry

kelemahan usaha laundry

Meski terbilang cukup lama namun peluang untuk bisnis tersebut masih terbilang cukup bagus terutama di kota besar. Namun hal ini tentu tidak dapat dihindarkan dari ancaman.

Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, maka perlu memahami beberapa hal berikut ini:

1. Banyak Orang yang Memiliki Mesin Cuci Sendiri

Kesibukan membuat seseorang menginginkan semua kegiatannya semakin praktis termasuk saat mencuci baju atau produk pakai lainnya.

Oleh sebab itu, masyarakat banyak yang membeli mesin untuk memperoleh berbagai kemudahan termasuk saat mengeringkannya.

Hadirnya mesin cuci menjadi kendala tersendiri bagi pengusaha laundry. Dengan kata lain, agar tetap dapat berjalan dengan lancar, Anda perlu membuka layanan setrika karena tidak semua masyarakat sempat untuk melakukan kegiatan tersebut, untuk itu akan membuka peluang besar.

2. Pelanggan yang Ingin Serba Cepat

Sebagian besar pelanggan memiliki karakter dingin kinerja yang serba cepat. Namun dari penyedia jasa sendiri terkendala dengan ketersediaan tenaga kerja serta pemadaman yang sering tidak mengenal waktu.

Hal ini yang belum dapat mencari solusinya kecuali dengan genset atau diesel.

Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan strategi harga, untuk tarif normal sekitar 3 hari sedangkan jika lebih mahal maka mendapatkan paket express.

Pantang untuk para pengusaha laundry yang menawarkan layanan antar jemput terlambat melakukan pengiriman atau malah tertukar.

3. Biaya Perawatan Alat yang Mahal

Mesin yang digunakan setiap hari dapat membuatnya cepat rusak, untuk itu Anda harus melakukan perbaikan dengan harga cukup mahal.

Hal ini karena bukan hanya berkaitan dengan satu perangkat saja, melainkan beberapa seperti mesin cuci, setrika dan pengering terutama saat musim hujan.

Agar dapat mengatasi masalah tersebut maka perlu mempelajari terkait dengan cara dasar memperbaikinya.

Tujuannya adalah untuk menghemat pengeluaran agar tidak menghabiskan banyak biaya. Sebelumnya perlu Anda perhatikan jika setiap alatnya memiliki karakter tersendiri.

Simak juga: Cara Membuat Parfum Laundry

Beberapa Kerugian Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry saat ini semakin marak karena kebutuhan masyarakat semakin meningkat secara signifikan, terutama bagi mahasiswa atau orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi.

Adanya hal tersebut memberi keuntungan untuk menambah pemasukan, namun terdapat kerugiannya.

1. Uang Berputar Lambat

Perputaran uang pada usaha laundry terbilang cukup lambat karena perlengkapan yang terbatas mengakibatkan kinerja akan semakin lambat.

Apalagi sistemnya yaitu ada barang baru penyedia jasa akan mendapatkan upah, plus dengan proses pengeringan lama akibat musim penghujan.

Perputarannya menjadi sangat lambat padahal seorang penyedia jasa tentu memerlukan yang namanya membeli mulai dari sabun, pelembut dan pewangi.

Hambatan lainnya adalah jika listrik sering mati dan dalam jangka waktu cukup lama, sehingga membuat harga tidak stabil.

2. Harga tidak stabil

Seiring berjalannya waktu laundry merupakan salah satu usaha yang paling memiliki peluang besar.

Hal ini menjadikan banyak pesaing sehingga jika tidak memiliki strategi marketing maka kemungkinan besar akan mengalami kekalahan, apalagi jika pihak lawan harganya lebih murah.

Secara tidak langsung tindakan tersebut akan mempengaruhi Anda untuk menawarkan harga yang ekonomis. Maka, ada baiknya memiliki cara untuk meminimalisir tindakan itu agar tidak merugikan.

Di sisi lain, juga hindari adanya pembayaran yang menunggak atau bon agar tidak kehabisan modal.

3. Faktor Cuaca

Cuaca saat ini sering berubah-ubah atau biasa disebut dengan anomali iklim tanpa dapat diprediksi, meski terdapat kecanggihan teknologi seperti platform khusus.

Meskipun demikian namun belum dapat memprediksi secara valid, hal inilah yang menjadi salah satu kendala dari usaha laundry.

Semakin lama baju mengering maka modal tidak cepat kembali. Jika hal tersebut terjadi maka akan beresiko pendapatan semakin menipis, sebab harus membagi untuk membeli berbagai perlengkapan yang habis seperti sabun dan pewangi. Meski sudah ada teknologi pengering namun belum efektif.

Cara Mengatasi Resiko Usaha Laundry

Bagi pemula yang masih baru terjun dalam dunia bisnis, sebaiknya mengetahui cara megatasi masalh yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Jika tidak, maka bisa saja mereka kan mudah down dan akhirnya semua pekerjaan menjadi terhambat sehingga sulit membangun brand awareness.

1. Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Anda perlu mengetahui cara memanajemen pemasukan dan pengeluaran dengan baik supaya tidak tercampur.

Jika pekerjaan sudah selesai, maka usahakan agar biaya jasa segera klien diberikan tanpa adanya bon untuk meminimalisir terjadi kerugian besar.

Pekerjaan laundry bahkan sering terlembat jika hanya dilakukan sendiri atau berdua, untuk itu memerlukan karyawan agar kinerja semakin cepat dan efisien. Namun, hal ini juga memerlukan gaji yang tidak sedikit.

2. Rajin Berperomosi

Jika ingin banyak pelanggan, Anda bisa memanfaatkan beberapa media sosial untuk berbagi informasi tentang jasa laundry tersebut.

Baik itu melalui grup Facebook, story WhatsApp atau melalui Instgram. Jika perlu gunakan fitur iklan agar jangkauan bisa lebih luas lagi.

Berikan juga beberapa layanan tambahan, seperti jemput dan antar sampai rumah. Dengan begitu, para calon pelanggan pun akan merasa lebih nyaman dan tidak segan untuk memesannya lagi.

Demikian ulasan terkait dengan kelemahan usaha laundry yang sangat perlu Anda ketahui terutama yang baru saja bergabung.

Simak juga: Resiko Usaha Rongsokan

Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya kerugian berlebihan bahkan sampai gulung tikar.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar