Beranda Business

Contoh Usaha Keliling Pakai Motor dengan Modal Kecil

Banyak bisnis yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meraih keuntungan. Ada banyak contoh usaha keliling pakai motor yang dapat dijadikan sebagai referensi sehingga tidak memerlukan modal atau kendaraan mahal sebelum memulainya.

Jenis usaha dengan jualan keliling pakai motor masih terbuka peluang lebar. Sebab untuk menjalankan usaha ini, tidak perlu memiliki tempat usaha. Selain itu, peluang barang cepat laku sangat besar, sebab konsumen didatangi secara langsung.

Beberapa Contoh Usaha Keliling Pakai Motor

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan keuntungan meskipun menggunakan modal secukupnya. Salah satunya ialah berjualan keliling memakai kendaraan bermotor. Salah satunya yaitu usahanya beragam sesuai dengan kemampuan masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tukang Sayuran

contoh usaha keliling pakai motor

Tentu Anda sudah sering mengetahui banyak penjual sayuran yang memasarkan dagangannya hanya menggunakan kendaraan bermotor. Nyatanya cara ini memang cukup efektif untuk memudahkan ibu rumah tangga mendapatkan kebutuhan dapurnya meskipun di pagi hari.

Anda bisa memasok dagangan sayuran dari petani secara langsung atau membelinya di pasar sebelum memasuki waktu pagi. Harapannya agar pembeli masih mendapatkan produk dengan keadaan segar dan berkualitas. Alangkah lebih baik tidak menjualnya jika sudah bekas kemarin karena kurang fresh.

2. Penjual Telur

Bahan pangan memang menjadi alternatif terbaik untuk dijual keliling menggunakan kendaraan bermotor. Salah satu alasannya ialah memudahkan para ibu rumah tangga. Dengan begitu, tidak membuat mereka pergi ke luar atau bahkan mengantri ke swalayan maupun toko terdekat.

Kebiasaan ini bisa Anda jadikan sebagai peluang berbisnis berjualan telur menggunakan motor untuk berkeliling. Biasanya banyak ibu rumah tangga yang akan membeli dalam jumlah banyak sekaligus. Mengingat bahwa salah satu bahan pangan ini sering diolah berbagai menjadi berbagai masakan.

3. Jualan Ikan

Ikan juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mulai berjualan keliling menggunakan kendaraan bermotor. Salah satu komoditas ini memang sering dicari oleh ibu rumah tangga di saat mereka malas keluar rumah. Alternatifnya adalah menunggu penjual memasarkan jualannya mengitari komplek.

Anda bisa mendapatkan ikan dari pelelangan atau produknya secara langsung. Jangan lupa untuk memasukkannya dalam freezer demi menjaga kualitas dan kesegarannya. Mengingat bahwa salah satu bahan pangan ini memang cepat rusak dan busuk jika dibiarkan di ruang terbuka.

4. Buah-buahan Segar

Buah pun tidak ketinggalan menjadi salah satu pilihan bagi Anda jika ingin menjajakan menggunakan kendaraan bermotor. Buah-buahan segar tentu akan laris terjual karena banyak orang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Anda bisa menjual buah yang sedang musim pada saat itu seperti mangga, sawo, jeruk dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk memasang harga lebih tinggi dari normal sehingga tidak perlu menurunkannya terlalu jauh jika pembeli harus menawarnya dalam biaya rendah.

5. Jajanan Ringan atau Kue

Ada banyak sekali jajanan ringan atau kue yang bisa dijual menggunakan kendaraan bermotor. Beberapa diantaranya ialah bakso, bakpao, aci goreng, telur gulung dan masih banyak lagi. Beragam menu ini dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan untuk membuatnya.

Anda juga bisa menjual beragam jajanan pasar seperti kue lumpur, roti kukus, onde-onde, gorengan dan lainnya. Tentu saja makanan ringan ini akan laku terjual karena banyak orang malas untuk keluar rumah hanya untuk membelinya.

Baca juga: Business model canvas Makanan

6. Perabotan Rumah

Beralih dari bahan masakan dan makanan, contoh usaha keliling pakai motor berikutnya yaitu menjual berbagai perabotan rumah seperti alat kebersihan, memasak atau lainnya. Peralatan ini tentu akan menggoda para ibu rumah tangga untuk membelinya sehingga jualan akan laku terjual.

Anda dapat menjual berbagai jenis alat kebersihan seperti sapu, cikrak, kemoceng, kain lap dan masih banyak lagi. Peralatan memasak juga bisa menjadi pilihan untuk dijual mulai dari wajan, panci, pisau, pencuci piring dan lainnya. Tentu ibu rumah tangga akan membelinya jika dagangan memang lengkap.

7. Pakaian

Pakaian pun bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk memulai usaha keliling menggunakan sepeda motor. Banyak orang akan tertarik jika dagangan memang memiliki kualitas bagus dan harga relatif murah. Jangan lupa untuk menjadikan beberapa pembeli sebagai pelanggan tetap sebagai strategi penjualan.

Anda bisa menjual berbagai jenis pakaian mulai dari baju hijab. Kaos anak atau khusus bagi orang tua saja. Memasarkannya secara beragam juga dapat dilakukan, alhasil calon pembeli akan merasa bebas untuk memilihnya dan merasa memang tersedia banyak pilihan.

8. Alat Optik

Bagi beberapa orang tentu sudah sering menjumpai adanya penjual alat optik keliling yang dicari oleh pembelinya. Biasanya mereka memudahkan pelanggan jika merasa sedang mengalami keluhan mata namun tidak memiliki banyak uang untuk memeriksakannya ke dokter.

Anda bisa menyediakan berbagai alat optik seperti kacamata minus, plus atau lainnya. Jangan lupa untuk menawarkan pemeriksaan mata secara gratis bagi semua orang sehingga mereka akan lebih tertarik membeli produknya.

9. Es Krim / Es Keliling

Jualan es krim sangat memungkinkan untuk dilakukan secara berkeliling. Dengan modal motor, anda bisa menelusuri perumahan atau perkampungan padat penduduk.

Target pasarnya adalah anak-anak. Walaupun, tidak menutup kemungkinan pelanggannya adalah remaja atau orang dewasa.

Untuk meningkatkan penjualan, anda bisa mangkal di sekolah-sekolah. Tempat dimana anak-anak banyak berkumpul. Walaupun usaha keliling ini sudah lama dilakukan, namun berjualan es keliling masih menguntungkan. Variasi lain, anda juga bisa menjual es degan keliling.

Itulah tadi beberapa contoh usaha keliling pakai motor yang bisa Anda jadikan referensi untuk memulai sebuah bisnis meskipun menggunakan modal seadanya. Hal paling penting yaitu sesuaikan dengan keahlian agar penjualan berjalan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here