Beranda Fashion

5 Cara Menghilangkan Sablon di Jaket dengan Mudah

262

Terkadang, jaket yang sudah usang atau sudah lama kita pakai mengalami kerusakan pada gambar sablon sehingga menimbulkan kesan yang buruk, padahal kainnya masih lumayan bagus akan tetapi gambar sablonnya sudah mulai mengelupas. Oleh karena itu Anda membutuhkan cara menghilangkan sablon di jaket dengan mudah.

5 Cara Menghilangkan Sablon di Jaket dengan Alat dan Bahan Sekitar

Agar Anda tidak penasaran, di bawah ini adalah pembahasan tentang bagaimana cara menghilangkan sablon pada jaket dengan alat dan bahan di sekitar kita:

1. Cara Menghilangkan Sablon di Jaket Menggunakan Setrika

Bagi Anda yang memiliki jaket berbahan kaos maka Anda bisa menghilangkan sablon Anda menggunakan setrika dan alat pendukung seperti dua kain untuk landasan, alkohol, pisau atau gunting untuk mencungkil. Biasanya saat Anda menyetrika jaket pasti yang bagian yang ada sablonnya dilewati agar tidak lengket. Namun dengan cara ini, malah sebaliknya.

cara menghilangkan sablon di jaket dengan mudah

Cara menghilangkan sablon di jaket kaos seperti itu tidak serta merta setrikanya langsung ditempelkan saja akan tetapi harus menggunakan kain untuk alas bawah dan alas atas agar setrika tidak rusak. Setelah setrika panas bisa langsung ditempelkan pada alas kain, saat sablon masih panas oleskan alkohol dengan kain kering lalu bisa dicungkil menggunakan pisau atau gunting. Ulangi lagi sampai berhasil.

2. Cara Menghilangkan Sablon di Jaket Menggunakan Bensin

Cara menghilangkan sablonan di jaket yang kedua adalah dengan menggunakan bensin. Cara ini memang efektif akan tetapi tidak seefektif jika menggunakan setrika. Akan efektif apabila Anda menggunakannya pada jaket yang sablonnya sudah terkelupas banyak sehingga lebih mudah dihilangkan.

Caranya yang pertama adalah balik jaket dan mulai oleskan bensin di dalamnya, jika Anda ingin tidak merembet ke mana-mana maka bisa diberi alas kain. Setelah itu, tunggu sampai kering lalu bis Anda cungkil menggunakan pisau atau menggunakan gunting. Ulangi caranya sampai sablon benar-benar hilang. Karena bensin memiliki bau yang kurang sedap maka Anda harus mencuci jaket Anda dengan baik dan berikan pewangi.

3. Menghilangkan Sablon di Jaket Menggunakan Cairan Pemutih Pakaian

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih. Para ibu-ibu di rumah pasti punya cairan ini, apabila tidak punya pun di toko terdekat juga sudah banyak yang menjualnya. Anda bisa menghilangkan sablon pada jaket Anda dengan menggunakan cairan pemutih ini. Tapi tentu saja hanya berlaku untuk jaket yang menggunakan kain warna putih.

Cairan pemutih sangat ampuh dalam merusak sablon sehingga cara menghilangkan sablon di jaket kain warna putih akan lebih mudah menggunakan cairan ini. Anda tinggal melarutkan pemutih tersebut dalam air lalu digunakan untuk merendam jaket Anda. setelah beberapa saat direndam maka Anda bisa menguceknya dan mulai mencungkil sablon menggunakan kuku atau menggunakan bantuan pisau atau gunting.

4. Menghilangkan Sablon di Jaket Menggunakan Hairdryer Panas

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan HairDryer yang ada di rumah Anda. Biasanya hairdryer memiliki pengaturan untuk mengeluarkan udara yang panas sehingga memiliki fungsi yang hampir mirip dengan cara setrika. Namun, akan lebih efektif lagi jika sablon sudah benar-benar tipis dan banyak yang rusak. Karena panasnya hairdryer tidak sepanas setrikaan.

Anda hanya perlu mengeringkan sablon jaket Anda dengan menggunakan hairdryer tersebut, arahkan udara panasnya pada sablon dan tunggu sampai sablon mulai mengerut. Setelah mengerut maka bisa mulai Anda cungkil menggunakan pisau atau menggunakan gunting sehingga bisa lebih mudah.

5. Menghilangkan Sablon di Jaket Menggunakan Cairan M3

Dan cara yang terakhir adalah dengan menghilangkan sablon menggunakan cairan M3. Cairan ini mirip dengan tiner yang bisa Anda peroleh di toko kimia terdekat. Namun sebelum menggunakan jangan lupa menggunakan masker dan juga pelindung tangan agar gasnya tidak masuk ke organ pernapasan dan tidak mengenai kulit tangan yang akan menyebabkan gatal-gatal.

Caranya sangat mudah yaitu dengan membalik jaket Anda, lalu pada bagian dalam jaket tersebut beri alas kain agar cairan tidak merembet ke mana-mana. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai cairan M3 ini mulai bereaksi dengan sablon. Lalu Anda bisa mencungkil dengan pisau.

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang memiliki masalah pada gambar sablon jaket, sekarang sudah tidak khawatir lagi bukan? Sablon yang sudah mulai rusak atau sablon yang Anda sukai bisa dihilangkan dengan sangat mudah.

Anda bisa memilih salah satu dari 5 cara menghapus bekas sablon di jaket dengan mudah di atas, antara menggunakan setrika, bensin, cairan pemutih, menggunakan alat pemanas, atau menggunakan cairan M3. Semoga percobaan Anda bisa berhasil dengan mudah!

2 KOMENTAR

  1. tadinya bingung kok sablon harus dihilangkan. Ternyata ut jaket yang sablonnya udah rusak ya biar dihilangkan sekalian hehe.

    Trims tipsnya mas

    • Mungkin bahasanya cukup ambigu ya. Cuman penggunaan bahasa di masyarakat kita belumlah terlalu efektif, misalnya kata charger yang itu adalah penggunaan yang benar, mala yang populer itu kata cas. Hehe..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here