Home Business Begini Membuat Surat Pengunduran Diri Guru Sederhana dan Sopan

Begini Membuat Surat Pengunduran Diri Guru Sederhana dan Sopan

0
surat-pengunduran-diri-guru

Bukan hanya karyawan perusahaan, hotel, bank dan pabrik saja yang biasanya mengundurkan diri dari pekerjaan mereka. Namun begitu pula dengan profesi sebagai guru. Seorang guru juga terkadang karena alasan tertentu harus mengundurkan diri dari tempat kerjanya. Sama halnya dengan karyawan lainnya, ketika mengundurkan diri seorang guru juga harus membuat surat pengunduran diri dari sekolah.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Resign Secara Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Mungkin bagi yang baru menjadi seorang guru akan kebingungan membuat surat tersebut. Bahkan tak jarang bagi mereka yang sudah lama pun menjadi bingung karena tidak terbiasa membuatnya, hanya pada saat dibutuhkan saja. Nah, dalam artikel ini akan ada beberapa contoh surat pengunduran diri dari sekolah dari berbagai jenjang pendidikan. Berikut contoh-contohnya:

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru SD/SMP/Sederajat

Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri bagi guru honorer atau swasta SD/SMP/sederajat dengan format yang lebih sederhana. Meski sederhana, tetap mengikuti aturan surat resmi yang formal. Berikut untuk tulisan yang dicetak tebal/bold dapat Anda sesuaikan sendiri tergantung data diri dan sekolah masing-masing.

                                                Cirebon, 09 Maret 2019

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Yth.
Kepala SD/SMP Negeri 04 Cirebon
di tempat

Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya Sri Ningsih selaku guru honorer di SD/SMP Negeri 4 Cirebon mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari sekolah dikarenakan saya akan mengajar di tempat yang baru.

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada segenap guru dan karyawan SD/SMP Negeri 4 Cirebon. Bersama surat ini saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama saya mengajar di sekolah melakukan banyak kesalahan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Hormat Saya,
ttd.
Sri Ningsih

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru PAUD/TK

Contoh surat pengunduran diri guru PAUD atau guru TK tersebut bisa Anda edit sendiri sesuai dengan preferensi masing-masing. Anda juga dapat mengubah alasan Anda berhenti mengajar dan mengubah lampiran sesuai dengan keadaan Anda pada saat tertentu. Berikut untuk tulisan yang dicetak tebal/bold dapat Anda sesuaikan sendiri tergantung data diri dan sekolah masing-masing.

                                                                                                                      Surabaya, 30 Januari 2019
Perihal         : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : Dua lembar

Yth.
Kepala TK/PAUD Tunas Mulia
di Tempat

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :
Nama : Nuraeni
Tempat, tanggal Lahir : Malang, 14 Maret 1989
Jabatan         : Guru PAUD/TK Tunas Mulia

Per 28 Februari 2019, saya selaku guru di PAUD/TK Tunas Mulia mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dikarenakan akan pindah ke luar Jawa dengan suami. Bersama surat ini saya lampirkan berkas-berkas persyaratan administratif terkait.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dan dukungan selama saya mengajar di PAUD/TK Tunas Mulia. Permohonan maaf yang sebesar-sebesarnya juga saya sampaikan atas kesalahan-kesalahan selama saya mengajar di PAUD/TK Tunas Mulia.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf yang setulus-tulusnya. Terima kasih.

Hormat saya
ttd.
Nuraeni

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru SMA/SMK/Sederajat

Contoh surat di bawah ini merupakan surat pengunduran diri dari sekolah sebagai guru SMK/SMA/sederajat. Lampiran yang tercantum dalam surat, bidang studi yang Anda ajarkan, data diri, data sekolah dapat Anda sesuaikan dengan kondisi Anda. Berikut untuk tulisan yang dicetak tebal/bold dapat Anda sesuaikan sendiri tergantung data diri dan sekolah masing-masing.

                                                                                                                                Bogor, 5 Juli 2018

Perihal : Pengunduran diri
Lampiran : 1 Bundel

Yth.
Kepala SMK/SMA Al Bayan
di tempat

Dengan hormat,
Melaui surat ini, saya Ahmad Ansori. Mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Guru honorer Seni Rupa di SMK/SMA Al Bayan efektif per tanggal 20 Agustus 2018.

Terima kasih saya ucapkan kepada segenap rekan guru, karyawan SMK/SMA Al Bayan yang selama ini mendukung saya. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama mengajar di SMK/SMA Al Bayan banyak melakukan kesalahan.

Surat ini dibuat dengan semestinya dan tanpa dorongan dari pihak mana pun. Adapun mengenai alasan pengunduran diri dan berkas-berkas administratif lainnya tercantum dalam lampiran.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
ttd.
Ahmad Ansori

Dalam mengajukan surat pengunduran diri, sebaiknya Anda buat sebulan sebelum Anda resign dari sekolah. Hal ini agar pihak sekolah dapat mencari guru baru. Untuk alasan resign pun harus masuk akal dan logis. Demikian pembahasan mengenai contoh surat pengunduran diri dari sekolah.

Baca Juga: Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik Lengkap

Dari contoh-contoh di atas alasannya dapat Anda sesuaikan dengan preferensi masing-masing. Contoh di atas dapat dijadikan sebagai gambaran, karena tak jarang di sekolah tertentu terdapat aturan mengenai format surat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply