Home Featured

Besarnya Manfaat Platform Kesehatan Digital SehatQ.com bagi Keluarga

Manfaat platform kesehatan digital bagi keluarga – Semenjak kelahiran putri pertama, sekitar setengah tahun lalu, saya jadi semakin teliti dalam mencari informasi kesehatan di internet. Pasalnya, anak ku, Rumaisha yang waktu itu berumur 3 bulan mengalami diare dengan feses agak hitam karena tidak cocok dengan sufor yang direkomendasikan di salah satu web yang saya kunjungi.

Saat kejadian itu, dalam hati selain sangat menyesal, saya juga merasa tidak becus karena informasi di web itu langsung saya benarkan, tanpa mencari info pembanding dari pengalaman orang tua lainnya atau bertanya kepada ahlinya.

Di era revolusi industri 4.0 ini, yang ciri khasnya adalah akses internet yang massif mengharuskan orang tua milenial untuk cerdas dan cermat mengonsumsi informasi. Namun ternyata dibalik kesalahan saya tersebut, sekarang dalam hati, saya sudah bersuka cita lagi.

manfaat platform kesehatan digital

Sebab, kini telah hadir platform kesehatan digital bagi keluarga Indonesia, SehatQ. Menurut saya, adanya SehatQ sebagai salah satu inovasi bidang kesehatan perannya sangat vital. Baik untuk saya pribadi dan keluarga yakni menjadi sumber informasi kesehatan yang valid, ataupun peran dan manfaatnya lebih luas, yakni mendukung perkembangan layanan kesehatan yang semakin praktis dan efisien.

Oh iya, platform kesehatan digital sehatQ adalah aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Tidak itu saja, SehatQ, juga bisa diakses di alamat website SehatQ.com. Namun, karena alasan kepraktisan, saya pribadi lebih senang menginstalnya di smartphone.

Perkembangan Layanan Kesehatan di Indonesia

Sebelum berkenalan lebih jauh dengan aplikasi SehatQ, ada baiknya kita pahami bersama tentang perkembangan layanan kesehatan di Indonesia dewasa ini. Sehingga kita bisa memahami bahwa hadirnya platform kesehatan digital menjadi salah satu solusi cemerlang dalam mendukung layanan kesehatan bagi masyarakat yang cepat dan nyaman.

Perkembangan layanan kesehatan di Indonesisa bisa dikatakan menuju ke arah yang positif. Dari pihak pemerintah sebagaimana dikutip dari Laporan Depkes (10/01) di awal tahun 2019, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat dalam 4 tahun terakhir terjadi peningkatan dan penguatan pelayanan kesehatan.

Indikator peningkatan itu dilihat dari kondisi masyarakat; utamanya peningkatan kesehatan ibu dan anak dan cakupan persalinan di fasilitas pelayanan kesehatan.

Namun, laporan positif tersebut bukan tanpa ada persoalan kesehatan lain, sebagaimana ditulis oleh Fika Nurul Ulya yang dikutip dari Kompas (19/08), untuk sistem pelayanan kesehatan di Indonesia masih menyisahkan PR besar yang perlu dibenahi.

PR besar ini terutama pada aspek pemerataan, regulasi (red: termasuk di dalamnya birokrasi), dan integrasi antara sistem offline dan online.

perkembangan-layanan-kesehatan-Indonesia

Dari 3 aspek utama tadi, kemudian dijabarkan lagi bahwa ada 6 poin kendala layanan kesehatan yang perlu dibenahi secepatnya, diantaranya: konektivitas, kejelasan regulasi, bonus demografi, fakta Indonesia sebagai negara kepulauan, pelayanan yang masih rendah, dan teknologi yang belum dimanfaatkan dengan baik.

Kendala konektivitas terjadi karena adanya ketimpangan akses kesehatan antara daerah masyarakat terpencil dan masyarakat kota atau antara pulau-pulau di Indonesia (negara kepulauan). Harusnya, semua lapisan masyarakat memiliki hak yang sama untuk mendapat pelayanan kesehatan yang sama dan memadai.

Untuk regulasi yang disorot adalah privacy atau keamanan data. Sementara untuk bonus demografi menjadi tantangan dan peluang karena usia muda bisa menjadi modal untuk bersaing di kancah global.

Pada poin teknologi, PR besarnya adalah bagaimana mengoptimalkan teknologi informasi (internet) dengan baik. Sebab, pengguna internet di Indonesia sudah sangat tinggi. Sehingga peluang untuk mengintegrasikan antara layanan kesehatan offline dengan online semakin terbuka lebar.

Data yang direlease oleh Deloitte Indonesia per Agustus 2019 sebagaimana dikutip di Bisnis (19/08) bahwa sudah sekitar 10% dari jumlah penduduk Indonesia menggunakan aplikasi digital berbasis kesehatan.

Pengguna aplikasi kesehatan digital di Indonesia

Senada dengan harapan dan usaha memaksimalkan integrasi layanan offline dan online, sumber data teranyar lainnya, Databoks Katadata (5/11) melaporkan hasil survei PricewaterhouseCoopers (PwC) bahwa tren penggunaan aplikasi bidang kesehatan telah cukup digemari masyarakat. Jenis aplikasi yang dimaksud berupa instruksi dan pemantau olahraga, diet & makan sehat, hingga pada fitur obrolan langsung dengan ahli medis.

Di level internasional, aplikasi kesehatan digital telah mengubah cara mengelola kesehatan yang semakin inklusif dan memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal, mulai dari berbagi dan mencari informasi kesehatan, berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan resep.

Nah, inilah yang saya sampaikan di awal bahwa dengan adanya aplikasi kesehatan digital menjadi angin segar bagi permasalahan layanan kesehatan. Bagi masyarakat seperti saya dan keluarga, platform kesehatan digital sebagai bagian dari output revolusi 4.0 di dunia kesehatan sangatlah membantu.

Artinya, masa depan layanan kesehatan Indonesia bisa diprediksi, kelak masyarakat akan semakin familiar dan menyukai platform kesehatan digital. Membayangkan masa depan dunia kesehatan yang terdigitalisasi, rasanya tidak berlebihan jika dikatakan:

Dengan aplikasi kesehatan digital untuk sehat cukup dalam genggaman

SehatQ, Platform Kesehatan Pengelola Kesehatan Diri dan Keluarga

SehatQ dikelola dan dioperasikan oleh PT. Sehatq Harsana Emedika. Aplikasi SehatQ dirintis oleh Linda Wijaya.

CEO SehatQ platform kesehatan digital

Sebagai Founder dan CEO, Linda Wijaya merupakan lulusan Master Industrial Engineering dari University of Michigan. SehatQ mulai dikembangkan sejak November 2018 lalu dan baru dilakukan peluncuran resmi pada 25 September 2019.

Jika ditanya, hampir semua orang tidak menyukai administrasi (birokrasi) yang panjang dan berbelit-belit. Apalagi, jika harus berhadapan dengan birokrasi bidang kesehatan yang idealnya dilakukan dengan cepat dan tepat. Hal ini pula yang pernah dialami oleh Linda Wijaya.

Dikutip dari Kumparan (26/8), pengalaman Linda Wijaya yang saat itu anak sulungnya terkena demam tinggi saat hamil besar harus menunggu sampai berjam-jam sebelum akhirnya mendapat layanan kesehatan.

Memang benar, waktu tunggu pasien di rumah sakit biasanya sangat lama. Mengutip hasil penelitian dari Muhamad Rofi’i dan Sri Jarihatunningsih (2014) mengenai waktu tunggu pasien di salah satu rumah sakit di Semarang mengungkapkan bahwa diperlukan waktu lebih dari 2 jam untuk mendapatkan layanan kesehatan.

waktu tunggu pasien di rumah sakit

Berdasarkan infografis di atas, bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya ketika harus menunggu. Sementara kita atau keluarga kita sudah harus mendapatkan penanganan dengan cepat.

Oleh karena itu, hadirnya aplikasi kesehatan digital seperti SehatQ merupakan bagian dari solusi mengurai ruwetnya birokrasi layanan kesehatan dan membantu masyarakat dalam mendapatkan konsultasi yang cepat dan nyaman.

Walaupun terbilang platform kesehatan digital baru, kinerja SehatQ patut diacungi jempol, loh. Saat ini tercatat terdapat 2.196 direktori artikel, 1.165 ensklopedia penyakit dan obat, 6.979 direktori dokter, dan 2.127 direktori fasilitas kesehatan di database SehatQ.

SehatQ sendiri memiliki misi yakni membantu pengguna untuk bisa mengelola kesehatan dirinya beserta keluarganya. Sebagai salah satu pengguna, saya merasakan sendiri manfaat dari SehatQ sebagai platform kesehatan digital.

Nah, apa saja kira-kira manfaat platform kesehatan digital bagi keluarga? Yuk, baca terus artikel ini sampai selesai.

Manfaat Platform Kesehatan Digital bagi Keluarga Milenial

Bagi ayah muda milenial yang baru saja dikarunia satu anak perempuan, saya kadang mengalami kendala dalam menjamin kesehatan anak dan keluarga.

Saya insyaf bahwa pengetahuan dan informasi kesehatan yang saya miliki sangat terbatas. Apa yang saya pahami, lebih banyak berasal dari apa yang telah saya dapatkan dari oran tua.

Tentu, pengalaman orang tua dalam menangani kesehatan tidak bisa dikatakan usang 100%. Namun satu hal, bahwa saya merasakan adanya kompleksitas masalah kesehatan untuk sekarang ini.

Langkah lain yang saya lakukan, misalnya yang hanya mengandalkan modal artikel kesehatan dari hasil pencarian google, juga tidak banyak membantu. Bahkan, kadang tingkat kredibilitas atau kepercayaannya sangat patut dipertanyakan lagi.

Manfaat Platform Kesehatan Digital bagi Keluarga Milenial

Untungnya, kompleksitas masalah kesehatan tersebut bisa teratasi dengan mengakses platform kesehatan digital. Simak paparan berikut untuk mengetahui manfaat lebih jauh platform kesehatan digital bagi keluarga:

1. Praktis dan Nyaman

Besarnya jumlah penduduk Indonesia kadang membuat penanganan kesehatan menjadi rumit. Sehingga tidak jarang proses layanan kesehatan yang diterima pasien menjadi tidak menyenangkan disebabkan harus menunggu atau antri sekian lamanya.

Platform kesehatan digital menawarkan kepraktisan dibandingkan proses layanan kesehatan offline. Alasannya, pengguna bisa mengakses dan mendapatkan layanan kesehatan dari dokter, misalnya konsultasi kesehatan hanya menggunakan smartphone.

Prosesnya selain terbilang sangat praktis, juga nyaman bagi pengguna. Sebab proses konsultasi dokter bisa dilakukan dimana saja selama terhubung dengan internet. Bisa di rumah sambil jaga anak rebahan atau tanpa perlu repot-repot datang ke rumah sakit jika memang tidak memerlukan penanganan khusus.

Selain itu, penggunaan aplikasi kesehatan digital juga bisa dilakukan kapan saja. Sehingga kapan pun dibutuhkan, tetap bisa berkonsultasi dengan dokter. Jadi, berasa punya asisten kesehatan pribadi di rumah.

2. Menjangkau Orang Banyak (Inklusif)

Adalah hak seluruh warga negara Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan yang sama. Namun malang tak dapat ditolak, faktanya akses kesehatan masih sangat susah didapatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Utamanya di daerah-daerah atau di wilayah tengah dan timur Indonesia. Fakta menunjukkan bahwa fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, ataupun puskesmas lebih banyak berada di kota-kota besar ataupun di berbagai wilayah barat Indonesia.

Masyarakat yang selama ini baru bisa mendapatkan layanan kesehatan setelah mengunjungi rumah sakit, klinik, atau puskesmas, kini dengan mudah bisa dinikmati, dijangkau, dan diapatkan oleh masyarakat luas dengan platform kesehatan digital.

Berkat aplikasi kesehatan digital, masyarakat di daerah bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan ke pusat-pusat layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Biaya Lebih Murah

Platform kesehatan digital memang lebih murah jika dibandingkan harus berkonsultasi langsung dengan dokter di pusat-pusat layanan kesehatan. Mulai dari transport ataupun biaya-biaya administrasi yang mungkin akan dikenakan pada pasien.

Dengan platform kesehatan digital, bermodalkan kuota internet kita sudah bisa menikmati proses konsultasi dokter secara langsung lewat smartphone. Bahkan, tidak jarang proses tanya jawab dengan dokter tentang berbagai macam masalah kesehatan di platform kesehatan digital malahtidak membayar sepeser pun alias gratis.

4. Mendapatkan Informasi Kesehatan yang Valid

Selain bisa menanyakan langsung kepada dokter lewat fitur konsultasi dokter, para pengguna platform kesehatan digital pun bisa menikmati informasi kesehatan yang valid atau terpercaya.

Platform kesehatan digital tidak hanya memberikan kepraktisan untuk berkonsultasi dengan dokter, melakukan booking, tetapi juga menyediakan berbagai informasi kesehatan berupa artikel-artikel yang sudah diverifikasi oleh ahlinya sebelum dikonsumsi oleh publik.

Ini tentunya akan sangat menguntungkan, sebab tidak jarang banyak masyarakat awam termakan informasi-informasi hoax yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Platform kesehatan digital (health tech) walaupun menawarkan beragam manfaat bagi keluarga. Namun dari sekian banyak rekomendasi yang bisa saya berikan yakni menggunakan platform kesehatan digital SehatQ sebagai asisten kesehatan bagi keluarga Indonesia.

Apa saja fitur-fitur yang disediakan oleh platform SehatQ yang memudahkan sekaligus bisa menjelma sebagai asisten kesehatan? Yuk urai satu per satu.

  • Chat Dokter SehatQ sangat Mudah
  • Booking Dokter dan Tenaga Kesehatan
  • Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan
  • Mudahnya Mencari Informasi Obat dari A-Z
  • Mencari Fasilitas Kesehatan Lebih Mudah
  • Menyediakan Forum Kesehatan dan Tanya Jawab Dokter Online
  • Informasi Penyakit dari A sampai Z
  • Penawaran Promo Eksklusif SehatQ
  • Dukungan Berbagai Acara Kesehatan
  • Kemudahan-kemudahan dari Aplikasi SehatQ sebagai Asisten Kesehatan Keluarga

    Berbicara tentang aplikasi kesehatan digital SehatQ, hal yang paling istimewa menurut saya adalah membuat hal-hal yang tadinya ribet menjadi sangat mudah, diantaranya:

    1. Chat Dokter SehatQ sangat Mudah

    Salah satu fitur andalan dari SehatQ adalah chat dokter GRATIS. Fitur ini memudahkan untuk melakukan konsultasi kesehatan atau tanya dokter secara langsung dengan dokter-dokter terpercaya dan bersertifikat (STR).

    aplikasi-chat-dokter-sehatq

    Untuk menggunakan aplikasi chat dokter dari SehatQ, caranya sangat mudah. Lakukan langkah-langkah berikut:

    • Kunjungi situs SehatQ dengan alamat www.sehatq.com
    • Klik tab Chat Dokter, kemudian akan diarahkan untuk login atau melakukan pendaftaran jika belum memiliki akun.
    • Setelah jendela konsultasi dokter muncul, jangan lupa mengelik Disclaimer untuk mengetahui informasi penyangkalan
    • Isikan keluhan dan data diri anda. Selanjutnya anda akan terhubung dengan dokter-dokter SehatQ

    Hmm., kapan lagi bisa seasyik ini dalam berkonsultasi. Apalagi chat kita langsung dibales sama orang yang memang ahli di bidangnya. Yakin deh, fitur chat dokter di aplikasi SehatQ gak bikin PHP atau sekadar di read doang gak dibales. Wkwk..

    fitur chat dokter sehatq

    Pengalaman saya saat melakukan konsultasi online (chat) dengan dokter SehatQ sangatlah menyenangkan, sebab tidak menunggu lama chat saya langsung dibalas, dokternya pun ramah, dan permasalahan kesehatan yang saya tanyakan pun dijawab dengan lugas dan lengkap.

    Terang saja, setelah mengakhiri chat dengan dokter, saya langsung memberikan review 5 bintang. Dokter-dokter di SehatQ juga sudah berpengalaman, loh. Dokter yang membalas chat saya sudah memiliki pengalaman kurang lebih 3 tahun.

    Untuk masalah keamanan data atau privacy, jangan khawatir sebab SehatQ menjamin data-data kita terjamin (dirahasiakan). Hal lain yang perlu diketahui adalah konsultasi online ini tidak dapat menggantikan konsultasi dokter secara langsung ataupun diagnosis secara pasti.

    Namun yang pasti bahwa dengan berkonsultasi dengan dokter seperti ini, kita bisa menangani kesehatan lebih terarah dan tidak asal-asalan.

    Untuk sementara, layanan chat dokter SehatQ hanya tersedia dari Senin sampai Jumat dan dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan 20.00.

    2. Booking Dokter dan Tenaga Kesehatan

    Kini untuk mencari dokter atau tenaga kesehatan lain kemudian melakukan booking online menjadi sangat mudah.

    Dulu, jika ingin melakukan janji (booking) dengan dokter harus berkunjung terlebih dahulu ke pusat-pusat layanan kesehatan, maka dengan kehadiran SehatQ semuanya bisa dilakukan hanya dalam genggaman.

    Fitur aplikasi ini tentu sangat memudahkan terutama memberikan kepastian untuk bisa bertemu dengan dokter. Misalnya, pada jam berapa dan hari apa. Sehingga, aktivitas paling ‘melelahkan’ hampir semua orang, menunggu apalagi tanpa kabar, bisa dipastikan dengan jalan membuat janji atau booking.

    Di platform SehatQ dapat menampilkan direktori dokter dengan sangat lengkap. Tidak kurang sekitar 15.941 dokter atau tenaga kesehatan lain bisa dipilih di SehatQ.

    Langkah mudah booking dokter di SehatQ, silahkan lihat pada gambar di bawah (swipe/geser gambar).

    Untuk melakukan booking dokter di aplikasi SehatQ, ikuti 4 langkah mudah berikut ini:

    • Lakukan pencarian dokter di kotak pencarian bagian atas, misalnya “dokter anak”, maka SehatQ akan menampilkan ribuan dokter anak yang bisa di booking.
    • Pilih salah satu dokter yang ingin di booking, bisa disesuaikan dengan lokasi rumah sakit dimana dokter tersebut.
    • Pada halaman profil dokter, lihat atau sesuaikan lokasi dan jadwal praktik dokter sesuai dengan waktu tersedia yang dimiliki dokter.
    • Terakhir, lakukan booking dokter.

    3. Kemudahan Mencari Informasi Kesehatan

    Bisa dikatakan lewat perkembangan teknologi informasi berupa internet, kita bisa dengan mudah mengakses berbagai macam informasi. Semisal artikel-artikel kesehatan.

    Tapi, tidak ada yang bisa menjamin bahwa artikel-artikel tersebut memang valid atau sesuai dengan standar dunia medis. Sebab, keterbukaan informasi lewat internet membuat orang dengan mudah menarasikan informasi kesehatan dengan sangat meyakinkan, bahkan tidak jarang dengan judul bombastis untuk memikat dan mengelabui para pembacanya.

    Inilah yang membuat, informasi kesehatan di internet menjadi rentan tidak valid, apalagi jika bersumber dari situs yang tidak kredibel dan asal-asalan. Korbannya, tentu orang awam.

    fitur-aplikasi-kesehatan-sehatq

    Untungnya, kemudahan untuk mendapatkan informasi kesehatan yang betul-betul valid bisa didapatkan dengan sering-sering membaca artikel kesehatan yang disajikan SehatQ.

    Tersedia ribuan artikel kesehatan dari berbagai topik. Ada artikel kesehatan mengenai parenting, penyakit, bayi dan menyusui, pola hidup sehat, dan masih banyak lagi.

    Artikel ini dikemas dengan menarik, gambar yang sesuai, ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti sehingga dapat dengan mudah dipahami, bahkan oleh masyarakat awam sekalipun. Dan tentunya, artikel-artikel kesehatan tersebut sudah valid sesuai dengan ilmu dunia kesehatan. Sebab, tim redaksi SehatQ telah memverifikasinya.

    4. Mudahnya Mencari Informasi Obat dari A-Z

    Obat merupakan zat yang digunakan untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, dan memulihkan kesehatan manusia. Walaupun demikian, fungsi obat yang sangat besar bagi kesehatan dalam pemakaiannya, kita tetap harus berhati-hati.

    Sebab, jika salah pemberian maupun dosisnya, alih-alih menyembuhkan malah akan membahayakan bagi kesehatan. Nah untuk itu, hal yang amat penting harus diketahui mengenai utamanya informasi obat, interaksi, dosis, dan efek samping obat tersebut.

    Kira-kira untuk mengetahui semua informasi dimana ya? Tenang. SehatQ menyediakan fitur informasi obat yang lengkap. SehatQ menyediakan informasi obat super lengkap. Informasi obatnya dari A sampai Z.

    Selain itu, ada pula informasi detail tiap obat, seperti golongan obatnya masuk apa (obat keras yang harus menggunakan resep dokter, obat generik, atau lainnya), Harga Eceran Tertinggi (HET), kemasan, produsen, deskripsi obat, indikasi (manfaat) obat, sampai pada informasi penting lainnya berupa kontradiksi dan interaksi obat dengan obat lain.

    Untuk melihat bagaimana lengkapnya informasi obat yang disediakan oleh SehatQ, silahkan lihat gmbar di bawah (swipe/geser untuk melihat seluruh gambar).

    Dengan adanya informasi obat yang super lengkap ini, kita bisa mengecek di situs SehatQ sebelum memutuskan membeli obat atau memperhatikan jenis obat (apakah termasuk obat bebar, bebas terbatas, atau jenis obat keras) ataupun informasi lainnya.

    5. Mencari Fasilitas Kesehatan Lebih Mudah

    Untuk menemukan fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, lab, ataupun puskesmas kadang membingunkan jika kita berada di daerah tertentu atau keluar daerah.

    Untungnya SehatQ mengerti kebutuhan kita. Lewat fitur pencarian Rumah Sakit (faskes), SehatQ dapat menunjukkan berbagai fasilitas kesehatan di sekitar kita. Tidak perlu bingung ataupun repot-repot bertanya ke tetangga, dengan SehatQ direktori fasilitas kesehatan disiapkan dengan lengkap.

    Ada sekitar 2.514 fasilitas kesehatan di dalam daftar direktori SehatQ. Jumlah ini tentu akan bertambah seiring dengan munculnya fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya. Cukup nyalakan GPS, maka fasilitas kesehatan terdekat akan ditampilkan.

    Fasilitas kesehatan faskes SehatQ

    Seperti saya yang sekarang berdomisili di Jogja, dengan cepat SehatQ menampilkan berbagai jenis fasilitas kesehatan terdekat dari tempat tinggal saya. Ada laboratorium klink farma, rumah sakit umum provinsi, dan berbagai rumah sakit terdekat.

    Pokoknya sangat membantu bagi saya untuk bisa menemukan fasilitas kesehatan secara cepat dan tentunya cepat bisa saya akses karena jaraknya dekat dengan rumah. Bukan hanya itu, direktori ini juga dilengkapi dengan informasi penting seperti jam operasional, alamat lengkapnya, profil fasilitas kesehatan, fasilitas medis yang disediakan, hingga pada informasi fasilitas umum.

    6. Menyediakan Forum Kesehatan dan Tanya Jawab Dokter Online

    Banyak diantara pengguna internet lebih senang bertanya di forum online. Jika dilihat, manfaat bertanya di forum memang tidak hanya untuk si penanya, namun bisa juga bermanfaat bagi orang lain yang kebetulan melihat pertanyaan tersebut.

    SehatQ menyediakan fitur forum kesehatan dan tanya jawab dokter online, dimana pengguna bisa dengan leluasa bertanya seputar kesehatan yang dihadapi. Ada berbagai kategori atau topik yang tersedia, yaitu penyakit lainnya, kulit & kelamin, kandungan, pernapasan, perut, kepala, dan masih banyak lagi.

    Pertanyaan-pertanyaan dari pengguna akan dijawab langsung oleh dokter dengan ulasan yang lugas, sederhana, dan diberikan rujukan-rujukan artikel yang terkait dengan permasalahan yang ditanyakan.

    Untuk menjaga kepuasan penanya atau pembaca, di akhir jawaban disediakan kolom feedback pembaca untuk memberikan rating informasi yang telah dijabarkan.

    Forum kesehatan dan tanya jawab online SehatQ

    Untuk mengajukan pertanyaan di forum kesehatan SehatQ sangatlah mudah. Pertama, tuliskan pertanyaan di kolom yang telah disediakan secara lengkap dan jelas sesuai dengan permasalahan kesehatan yang dihadapi. Kedua, tuliskan judul pertanyaan. Ketiga, sesuaikan kategori pertanyaan dengan permasalahan, misalnya kategori penyakit lainnya. Keempat, kirim pertanyaan, pastikan kita sudah login, dan tunggu sampai dokter-dokter SehatQ menjawab pertanyaan kita.

    7. Informasi Penyakit dari A sampai Z

    Hal yang saya sukai saat mengakses fitur informasi penyakit yang disediakan oleh SehatQ, yakni memberikan informasi mengenai penyakit secara detil. Mulai dari pengertian dalam ilmu medis, termasuk menguraikan definisinya jika nama penyakit tersebut asing menurut orang awam.

    Selanjutnya setelah dijabarkan pengertiannya, juga dijelaskan mengenai gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan, kapan harus berkonsultasi, dan apa yang perlu dipersiapkan sebelum berkonsultasi dengan dokter. Tidak lupa pada bagian akhir disertakan referensi/rujukan artikel tersebut.

    Hal menarik lainnya adalah gambar ilustrasi tiap artikel yang informatif dan menjadi khas dari SehatQ. Saya pribadi, kagum dengan sajian gambarnya yang sangat menarik.

    informasi penyakit SehatQ

    Informasi-informasi penyakit ini ditulis dean disusun berdasarkan abjad, mulai dari A sampai Z. Ini memudahkan bagi pembaca untuk mencari atau menyeleksi informasi penyakit yang dibutuhkannya.

    Soal kredibilitas informasi penyakit, saya kira tidak perlu lagi dipertanyakan. Sebab, selain rujukan artikel jelas dan dicantumkan sehingga kita bisa menelusurinya lagi secara mandiri. Artikel-artikel tersebut juga ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya (jurnalis berpengalaman atau dokter) dan tetap direview atau ditinjau oleh dokter sebelum terbit.

    8. Penawaran Promo Eksklusif SehatQ

    Promo eksklusif yang disediakan SehatQ bikin mupeng. Sebab, promo-promo yang ditawarkan menarik dan tentunya ada berbagai potongan harga, sehingga bisa lebih hemat di kantong.

    Promo eksklusif dari SehatQ jumlahnya beragam. Ada promo medical check up (MCU), cabut gigi, USG bagi ibu hamil, deteksi batu ginjal, dan masih banyak lagi yang lain.

    Promo eksklusif SehatQ

    Di web SehatQ, kita bisa dengan mudah menyortir jenis atau kategori promo ataupun lokasi promo diadakan. SehatQ bekerjasama dengan berbagai rumah sakit, klinik, atau laboratorium kesehatan dalam pelaksanaan promo kesehatan tersebut.

    9. Dukungan Berbagai Acara Kesehatan

    Selain berbagai fitur bermanfaat di atas, SehatQ juga senantiasa mendukung berbagai acara-acara bertajuk dunia medis. Acara-acara seperti ini penting dalam mengedukasi masyarakat umum tentang solusi ataupun masalah kesehatan.

    Bentuk acaranya berupa senam hamil, lomba foto senyum cemerlang anak, lari dan donasi peduli kanker, seminar, dan penyuluhan. Acara-acara sosial seperti ini menurut saya sangat efektif dalam menarik animo masyarakat luas, baik anak-anak, orang muda, dewasa, dan orang tua (lansia).

    acara kesehatan SehatQ

    Selain menarik animo masyarakat, acara-acara seperti ini juga bermanfaat dalam membiasakan hidup sehat, mengasah kepedulian terhadap berbagai penyakit, maupun edukasi pada proses pencegahan penyakit, dan gaya hidup sehat.

    Yuk, Akses SehatQ untuk Mendapatkan berbagai Kemudahan Layanan Kesehatan

    Untuk mengakses SehatQ bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi SehatQ yang beralamat www.sehatq.com. Akses ini juga bisa dilakukan dengan mengunduh kemudian menginstal aplikasi SehatQ di smartphone.

    Mengakses situs SehatQ secara langsung, rasanya kita akan mendapatkan pengalaman pengguna (user experience, UX) yang menyenangkan. Pasalnya, website SehatQ didesain sangat responsif, baik itu di PC/laptop, tablet, ataupun di handphone.

    tampilan website SehatQ

    Bukan itu saja, tampilan website SehatQ juga sangat memanjakan mata. Konsep user interface (UI) yang diusung betul-betul memudahkan. Dengan kotak pencarian yang memanjang pada menu yang sticky sangat memudahkan bagi pengguna untuk mengetik berbagai macam kebutuhan dan informasi kesehatan.

    Situs yang putih bersih memudahkan pengguna untuk membaca informasi yang disajikan. Paduan warna biru (skyblue) dan kuning keemasan (goldenrod) sangat berciri khas anak muda atau keluarga milenial.

    Tiap informasi kesehatan dan artikelnya juga dilengkapi dengan gambar yang menarik, reprensentatif, dan tidak jarang dibuatkan gambar ilustratif yang informatif. Semakin melengkapi kenyamanan pengguna untuk membaca.

    Kecepatan akses website SehatQ juga mengesankan. Cukup sekian detik untuk meload satu halaman full sehingga tidak membuat pengunjung kesal menunggu untuk bisa membaca.

    Untuk menginstal aplikasi SehatQ juga sangat mudah. Aplikasi SehatQ bisa didownload baik di Google playstore maupun di Apple Store.

    instal aplikasi SehatQ

    Di playstore, aplikasi SehatQ telah diinstal sebanyak 50.000+ pengguna dengan mendapat rating yang sangat bagus 4,7/5. Sementara di App Store, rating aplikasi ini mencapai 5.0/5.

    Oh iya, agar tidak ketinggalan up date dari SehatQ, kita bisa mengikuti kanal media sosial dari SehatQ. Informasi yang dibagikan disana juga tidak kalah keren dan menarik, loh.

    Instagram: https://www.instagram.com/sehatq_id
    Facebook: https://www.facebook.com/sehatQIndonesia
    Twitter: https://twitter.com/sehatq

    Akhir Kata

    Nah bagaimana menurut kalian, platform kesehatan digital SehatQ keren, kan? Kalau aku sih, YES. Sebagai penutup, saya merekomendasikan untuk mengakses SehatQ, baik langsung di situs web ataupun dengan menginstal di smartphone kita masing-masing. Kapan lagi punya asisten kesehatan diri dan keluarga serbaguna.

    Yuk, tetap sehat di era industri 4.0 ini dengan aplikasi kesehatan digital SehatQ. Sebab dengan SehatQ, sehat ada dalam genggaman. Salam. [Indorsie]

    Referensi:

    Artikel
    • Pengalaman pribadi
    • SehatQ | Tanya Dokter dan Tips Keluarga Sehat. https://www.sehatq.com/
    • 4 Tahun Penguatan Pelayanan Kesehatan. https://www.depkes.go.id/article/view/19011000002/4-tahun-penguatan-pelayanan-kesehatan.html
    • Aplikasi Kesehatan Makin Digemari Konsumen. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/05/aplikasi-kesehatan-makin-digemari-konsumen
    • Kisah Linda Wijaya Bangun Aplikasi SehatQ dari Nol. https://kumparan.com/kumparantech/kisah-linda-wijaya-bangun-aplikasi-sehatq-dari-nol-1rvxlSMfANL
    • Penggunaan Aplikasi Kesehatan di Indonesia Baru 10% dari Total Penduduk | https://ekonomi.bisnis.com/read/20190819/12/1138279/penggunaan-aplikasi-kesehatan-di-indonesia-baru-10-dari-total-penduduk
    • Muhamad Rofi’i dan Sri Jarihatunningsih. 2014. Jangka Waktu yang Diperlakukan Pasien untuk Pelayanan di Bagian Rawat Jalan pada Rumah Sakit Pemerintah di Semarang.Jurnal Manajemen Keperawatan . Volume 2, No. 2, November 2014; 109-115
    Gambar
    • Foto/gambar pribadi
    • Situs SehatQ.com
    • Freepik.com
    • icons8.com
    Video
    • Kanal youtube SehatQ

    4 COMMENTS

    1. Wah, aplikasi SehatQ ini lengkap sekali ya, bisa cek informasi obat segala. Aplikasi seperti SehatQ ini sangat bermanfaat sekali untuk menghindari diri terjebak di hoax seputar kesehatan yang banyak berseliweran.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here