Home Lifestyle Culture 7 Trik Berhemat Selama Tinggal di Apartemen

7 Trik Berhemat Selama Tinggal di Apartemen

0

Ketika Anda berencana tinggal di apartemen, Anda harus memikirkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan perbulan. Selain biaya sewa, Anda juga harus membayar biaya maintenance, biaya listrik dan air, serta biaya parkir bila Anda membawa kendaraan. Selain itu, pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari serta gaya hidup pun harus Anda keluarkan setiap bulannya.

Bila Anda terlena, maka total pengeluaran Anda per bulan bisa membengkak. Lebih parahnya, Anda bisa terjebak dalam hutang kartu kredit yang besar atau terkuras habisnya uang tabungan Anda. Padahal, apartemen menawarkan berbagai kepraktisan dan kemudahan tinggal yang sejatinya bisa menghemat pengeluaran.

7 Trik Hemat Tinggal di Apartemen

Ingin berhemat ketika tinggal di apartemen? Yuk, simak 7 trik hemat tinggal di apartemen berikut ini:

1. Buat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan sangatlah penting, karena bisa membuat Anda disiplin dalam mengelola keuangan. Anda bisa memulai membuat anggaran bulanan dengan membagi gaji Anda dalam proporsi 50-30-20. 50% gaji Anda untuk membayar sewa apartemen dan kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan sekunder dan hiburan, serta 20% untuk tabungan.

2. Catat Pengeluaran Anda

catat pengeluaran

Selain membuat anggaran bulanan, trik untuk berhemat kedua adalah dengan mencatat setiap pengeluaran. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengetahui berapa uang yang telah Anda keluarkan dan untuk apa saja uang Anda dikeluarkan. Dengan begitu, Anda bisa melihat mana saja pengeluaran yang harus dikurangi di bulan depan.

3. Beli Peralatan Multifungsi

sofa bed

Membeli peralatan multifungsi membuat Anda tidak perlu membeli berbagai macam barang dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga bisa meminimalisir pengeluaran. Misalnya dengan Anda membeli sofa bed, maka Anda bisa mendapatkan fungsi sofa dan tempat tidur dalam satu alat. Selain bisa menghemat, membeli peralatan multifungsi juga bisa membuat apartemen Anda tidak penuh sesak dengan berbagai barang.

4. Buat Daftar Belanja

daftar-belanja

Ketika Anda akan berbelanja kebutuhan sehari-hari, biasakan untuk membuat daftar belanja. Anda bisa mendata barang-barang apa saja yang harus dibeli segera. Hal ini sangat berguna untuk membatasi diri Anda dari godaan untuk membeli barang-barang yang sejatinya tidak Anda butuhkan.

5. Ajak Teman Tinggal Bersama

bersama teamn

Untuk menekan biaya sewa, biaya maintenance, serta biaya listrik, Anda bisa mengajak teman atau kolega Anda untuk tinggal bersama di satu unit apartemen. Anda bisa membagi biaya sewa apartemen dan biaya-biaya lainnya dengan teman Anda sehingga bisa menekan pengeluaran bulanan.

6. Bijak Menggunakan Listrik

hemat-listrik

Untuk mengurangi tagihan listrik, maka Anda harus menggunakan listrik secara bijak. Misalnya, Anda biasa menyalakan AC ketika merasa kepanasan di siang hari. Padahal, menyalakan AC bisa membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk itu, Anda bisa merubah kebiasaan tersebut dengan membuka jendela apartemen sehingga udara dari luar bisa menyejukkan unit Anda tanpa harus menyalakan AC.

Anda pun bisa memasang kipas angin di unit Anda sebagai alternatif untuk mengurangi hawa panas. Kipas angin memiliki daya konsumsi listrik yang lebih rendah daripada AC sehingga bisa mengurangi tagihan listrik per bulan.

7. Memasak dan Mencuci Sendiri

masak sendiri

Memasak sendiri memang membutuhkan banyak waktu dan terkadang merepotkan. Padahal, memasak sendiri bisa menekan pengeluaran. Dengan memasak sendiri, Anda bisa membuat makanan untuk mencukupi kebutuhan makan dari pagi hingga malam. Sehingga, Anda tidak perlu membeli makanan matang untuk sekali makan.

Selain memasak, mencuci pakaian Anda sendiri juga bisa meminimalisir pengeluaran bulanan. Anda bisa memanfaatkan fasilitas mesin cuci yang biasanya telah tersedia di dalam unit apartemen untuk mencuci pakaian kotor Anda. Dengan mencuci sendiri, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa binatu.

Itulah 7 trik yang bisa Anda gunakan untuk menekan pengeluaran ketika tinggal di apartemen. Tentunya, dengan menjalankan trik-trik tersebut secara konsisten maka Anda bisa berhemat dan menabung lebih banyak.

Rekomendasi Apartemen Murah

tinggal-di-apartemen

Bila Anda sedang mencari atau ingin sewa apartemen murah di Jakarta, cek saja Jendela360. Di Jendela360, Anda bisa menemukan berbagai unit apartemen terbaik dengan harga sewa murah di Jakarta dengan mudah.

Selain itu, Anda juga tidak perlu ribet mengurus proses sewa, karena tim Jendela360 siap mengurus proses sewa Anda.

Tunggu apalagi? Segera buka www.jendela360.com dan dapatkan pengalaman sewa apartemen cepat dan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here