Beranda Business

Grooming Kucing Panggilan Terdekat yang Bagus plus Harga

Apakah anda mencari jasa grooming kucing panggilan? Simak terus artikel ini sampai selesai sebab ada banyak informasi menarik dan berharga seputar perawatan dan kebersihan kucing – hewan kesayangan di rumah.

Kita semua sadar. Ternyata, memelihara kucing itu tidak hanya cukup dengan hanya memberikan makan atau minum secara teratur setiap hari. Kucing juga membutuhkan perawatan, baik untuk kebersihan badan atau menjaga kelembutan dan kecantikan bulu dan penampilannya.

Proses merawat dan membersihkan demi menjaga penampilannya inilah yang sering diartikan sebagai grooming kucing.

Apa itu Grooming Kucing?

Pengertian grooming adalah kegiatan menjaga kebersihan ataupun kecantikan kucing yang dilaksanakan secara rutin. Tujuan dari grooming ini, selain untuk menjaga kebersihan, juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit pada hewan kesayangan.

Berbagai penyakit dapat menyerang kucing jika tidak dijaga kebersihannya. Misalnya, serangan kutu, parasit, jamur, dan lain sebagainya.

grooming-kucing-panggilan

Grooming secara bahasa artinya dandan, mengurus, rawat, rapi, dan penampilan. Nah bukan hanya manusia yang butuh menjaga penampilan, kucing kesayangan pun akan terjaga dan terawat dengan rutin melakukan grooming.

Sebenarnya, grooming kucing bisa dilakukan di rumah. Jika memiliki waktu luang, aktivitas ini sangat menyenangkan dan dipercaya dapat menguatkan ikatan antara pemilik dengan kucing peliharaan.

Namun terkadang karena aktivitas yang padat (sibuk), ada waktu dimana pemilik hewan peliharaan ini tidak bisa memandikan dan merawat kucingnya. Tentu dalam kondisi seperti ini, pilihan untuk mencari jasa grooming kucing panggilan adalah opsi yang paling masuk akal.

Harga Grooming Kucing

Sebenarnya harga grooming kucing bisa dikatakan tergolong murah. Sebab, ada banyak jasa grooming kucing yang bahkan menawarkan jasa panggil ke rumah pemilik (panggilan).

Tentu ini berita yang menggembirakan, sebab bagi pemula kadang bingung menentukan jenis sampo yang cocok. Selain alasan kadang kurangnya waktu yang telah kami utarakan di atas.

Berikut gambaran harga grooming kucing yang kami ambil dari situs faunafella.com.

JenisHargaKeterangan jasa
Mandi sehatRp85.000Nail Trimming, Ears Cleaning, Pads Shaved, dll
Mandi kutuRp105.000Mandi sehat plus treatment kuku
Mandi jamurRp105.000Mandi sehat plus treatment jamur
Mandi lengkapRp120.000Mandi sehat pluas treatment kuku & jamur


Sebagai sebuah gambaran, tabel harga grooming kucing di atas sudah memadai. Harga yang ditawarkan pemilik jasa atau tempat grooming kucing bisa berubah. Biasanya akan murah, jika ada promo menarik pada waktu atau momen tertentu.

3 Tips Memilih Tempat & Jasa Grooming Kucing Terdekat

Jika anda bingung menentukan jasa grooming kucing panggilan ke rumah, berikut ini kami rangkum beberapa tips buat anda.

1. Professionalitas

Professionalitas memang cukup susah diukur, jika kita tidak pernah berinteraksi atau bekerjasama dengan pemilik jasa. Tetapi, setidaknya ada ukuran lain yang bisa jadi patokan.

Salah satu patokan yang bisa dinilai saat ingn memilih tempat grooming kucing adalah profil dan testimoni.

Profil jasa grooming bisa dicek dari situsnya, mencantumkan alamat yang lengkap, sudah diindex atau didaftarkan di google map.

Sementara untuk testimoni pelanggan, bisa juga ditelusuri dari feedback pelanggan di google map, di akun sosial media, ataupun dari testimoni pelanggan yang kebetulan telah diunggah di situs resminya.

2. Kelengkapan Tawaran Jasa

Permasalahan kucing tidak hanya berkutat pada aktivitas memandikan/memberikan sampo, tetapi juga pada aspek perawatan lain, misalnya bulu, kuku, dan telinga.

Saat mempertimbangkan memilih jasa, anda bisa melihat aspek kelengkapan jasa grooming yang ditawarkan. Apakah ada jasa lain yang sekiranya itu dibutuhkan oleh kucing peliharaan anda.

3. Pengalaman

Poin pengalaman saya tempatkan pada tips terakhir yang bisa saya rekomendasikan sebab dengan pengalaman yang sudah bertahun-tahun, pemilik jasa groominng kucing bisa lebih mengerti dan peduli (aware) kebutuhan pemilik kucing.

Selain itu, pengalaman yang lama juga bisa meminimalisir penanganan dan perawatan yang kurang tepat. Sehingga bisa mengurangi stress padan kucing tertentu.

Pertanyaan Seputar Grooming Kucing

Untuk melengkapi ulasan ini, berikut beberapa pertanyaan dan jawaban singkat (Q&A) yang orang juga bertanya.

1. Apa yang dimaksud dengan grooming kucing?

Groming kucing adalah aktivitas memandikan kucing agar badan dan bulunya bersih, wangi, serta terbebas dari kotoran ataupun serangan organisme lain (kutu).

Aktivitas ini juga secara luas berarti memandikan, membersihkan, merawat, dan menjaga kesehatan dan penampilan kucing.

2. Berapa biaya grooming kucing?

Biaya grooming kucing dipatok mulai dari Rp75.000 sampai Rp.100.000.

Besar kecilnya biaya grooming kucing ditentukan oleh layanan yang diberikan. Apakah sekadar dimandikan dan diberi sampo atau ada tambahan perawatan lainnya. Grooming kucing lengkap lebih mahal, namun sudah mencakup seluruh perawatan yang dibutuhkan kucing.

3. Bagaimana cara grooming kucing?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk grooming kucing. Namun untuk kucing sendiri, grooming adalah hal yang mungkin akan membuat kucing agak stress.

Jadi, apabila anda belum paham cara / metode untuk grooming kucing, maka memanggil groomer profesional adalah hal yang tepat.

4. Kapan waktu grooming kucing?

Grooming kucing dapat dilakukan ada pukul 09.00 pagi sampai pukul 17.00 sore.

Grooming dilakukan saat cuaca cerah untuk mecegah efek kedinginan pada kucing dan memperhatikan kondisi kesehatan kucing sebelum dimandikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here