Beranda Travel

7 Keindahan Karimun Jawa yang Menakjubkan untuk Dinikmati

Keindahan Karimun Jawa tidak pernah ada habisnya. Karimun Jawa biasa disebut dengan The Paradise of Java karena menyimpan banyak keindahan alam yang masih sangat asri dan terjaga.

Wisata Karimunjawa (Karimun Jawa) telah dikembangkan dari pesona wisata taman laut yang memukau. Namun, tidak hanya itu yang dimiliki oleh Karimun Jawa. Sebab, kedatangan wisatawan lokal ataupun mancanegara sangatlah besar.

Ingin tahu apa saja keindahan di Karimun Jawa? Siapa tahu, ada waktu dan kesempatan (rezeki) anda bisa kesana.

7 Keindahan Karimun Jawa yang Populer & Bikin Takjub

Memang tidak salah jika Karimun Jawa menjadi tempat wisata paling populer dan ‘hits’ di wilayah Pantura Jawa. Nah, berikut beberapa di antara keindahannya yang bikin mata berdecak kagum:

1. Alam Bawah Laut

Pertama, Jepara memang sudah terkenal dengan keindahan pantai Karimun Jawa dan lautnya menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Di bawah laut Karimun Jawa terdapat banyak sekali keindahan yang dapat Anda saksikan secara langsung dengan mata kepala Anda sendiri. Anda bisa melihat banyak sekali terumbu karang yang sangat lestari dan juga menemukan banyak sekali biota laut yang masih sangat alami.

keindahan-karimun-jawa

Memang kebanyakan keindahan Karimun Jawa terletak di bagian airnya sehingga tak heran, siapa saja yang ke sana pasti tidak akan melewatkan kegiatan snorkeling. Tenang saja untuk Anda yang tidak bisa berenang pun masih akan tetap bisa menikmati keindahan alamnya karena akan disediakan pelampung.

2. Lautnya yang Menyimpan Bangkai Kapal Karam

Keindahan dari Karimun Jawa di bawah laut tidak hanya bisa dilihat dari terumbu karang dan juga berbagai biota laut. Tetapi ada yang unik di sini, tepatnya di Pulau Kemojan. Di bawah lautnya Anda bisa melihat bangkai kapal yang karam sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Tetapi untuk mendapatkan pemandangan ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang sudah berpengalaman dalam snorkeling dan juga diving karena tempatnya yang jauh di bawah. Di sana Anda bisa melihat bangkai kapal bekas pengangkut batubara di masa lalu. Anda bisa berfoto ria di sana. Penyelaman akan Anda rasakan sangat menakjubkan kerna Anda akan ditemani dengan berbagai biota laut yang menambah estetika kapal karam.

3. Pulau Pasir yang Unik dan Instagramable

Tidak hanya pantainya saja yang indah, keindahan pulai karimun jawa juga tidak bisa diragukan lagi. Bahkan di sana terdapat sekitar 27 pulau yang sangat indah dan masih sangat asri. Salah satu pulau yang paling tidak bisa dilewatkan oleh para traveller khususnya anak muda adalah ulau pasir karena sangat cantik dan sangat instagramable.

Pulau pasir ini sebenarnya adalah gundukan pasir di tengah laut yang pada saat airnya surut terlihat dari permukaan dan bisa digunakan untuk beraktivitas. Pulau ini relatif sangat kecil dan ada hanya saat air laut mulai surut, tetapi jangan harap untuk mendapatkannya pada saat air laut pasang.

4. Hiu Jinak yang Menantang Adrenalin

Keindahan Karimun Jawa yang paing unik, menarik, dan jarang ada di Indonesia adalah penangkaran hiu. Mungkin bagi sebagian orang, mendengar kata Hiu saja sudah merasa ngeri. Tetapi berbeda dengan penangkaran di Pulau Mejangan Besar Karimun Jawa ini. Hiu di sana sangat bersahabat dengan manusia dan sangat jinak.

Hiu yang ditangkarkan di sini adalah hiu jenis blacktip reef shark yang merupakan salah satu hiu yang hidup di perairan dangkal. Anda bisa berenang dengan hiu-hiu tersebut dan tidak perlu khawatir untuk dimangsa. Yang terpenting Anda harus mematuhi apa saja yang harus dilakukan atau yang tidak boleh dilakukan di sana.

5. Penampakan Lumba-lumba yang Sangat Lucu

Karimun Jawa memang tidak ada habisnya jika menyangkut kepuasan dalam liburan. Tidak hanya hiu saja, jika Anda beruntung maka Anda bisa melihat Lumba-lumba yang berenang ke sana kemari dengan indahnya dan terlihat sangat bebas karena masyarakat di sini sadar akan kelestariannya. Jika beruntung, maka lumba-lumba akan melompat lompat di sekitar kapal Anda.

Lumba-lumba ini dapat Anda saksikan di antara Pulau Mejangan Kecil dan Pulau Cemara Kecil. Jika, Anda beruntung menyaksikan lumba-lumba tersebut jangan sia-siakan kesempatan tersebut sehingga sampai lupa untuk mendokumentasikannya baik dengan foto maupun video. Bisa jadi hal tersebut menjadi suatu kenangan yang tak pernah terulang kembali.

6. Sunset dan Sunrise dan juga Kegiatan Stargazing yang Memukau

Keindahan alam karimun jawa tidak berhenti pada wisata air atau wisata pulau saja. Anda bisa melihat keindahannya di langit. Apakah itu? Ya, melihat matahari Tenggelam atau sunset, matahari terbit atau sunrise, dan kegiatan menatap bintang-bintang di langit atau stargazing dapat Anda lakukan semuanya di sini.

Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah, apalagi jika Anda menginap di sekitar pantai sungguh lebih memesona. Semuanya ini dapt dilakukan arena polusi masih sangat rendah di sisni sehingga langit terlihat sangat jernih dan mudah untuk disaksikan keindahannya. Anda bisa menikmati semua keromantisan alam secara nyata di Karimun Jawa.

7. Hutan Mangrove yang Masih Lestari

Masyarakat Karimun Jawa ini memang sangat peduli dengan lingkungan. Selain sebagai tempat wisata, mereka juga sangat peduli dengan keindahan alam dan juga kelestarian alamnya. Di sini masih ada hutan bakau yang sangat lestari dan sangat rimbun sehingga sangat berfungsi untuk mencegah abrasi. Selain itu juga menyediakan pasokan oksigen yang baik bagi manusia.

Di hutan bakau ini, Anda dapat menemukan berbagai jenis flora dan fauna yang masih sangat lestari. Anda bisa melakukan trekking dan juga bisa naik ke gardu pandang yang dapat Anda manfaatkan untuk melihat Karimun Jawa dengan lebih luas, bahkan bisa juga untuk menunggu waktu sunset yang indah.

Apakah anda tertarik? Untuk menikmati pesonanya, sebenarnya akan sangat mudah jika memiliki paket wisata karimunjawa yang menawarkan paket murah dan fasilitas terbaik.

2 KOMENTAR

    • Sama-sama ada kata Karimunnya ya? Saya belum pernah pergi kedua tempat itu. Cuman ada teman yang tinggal di Tanjung Balai Karimun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here