Home Business 5 Jurusan Kuliah di Jerman dan Universitas Pilihannya

5 Jurusan Kuliah di Jerman dan Universitas Pilihannya

0

Jurusan Kuliah di Jerman – Semakin banyaknya beasiswa kuliah ke luar negeri pastinya sangat menguntungkan bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin studi lanjut. Salah satu negara yang disukai mahasiswa kita adalah Jerman. Selain karena kualitas kelas dunia, universitas Jerman juga menyediakan jurusan dan program studi yang sangat lengkap.

5 Jurusan Kuliah di Jerman dan Daftar Universitasnya

Lalu, jurusan apa saja, kalian bisa menemukannya dengan mudah di berbagai universitas di Jerman. Nah sebagai gambaran, berikut ini daftar beberapa jurusan kuliah di Jerman dan universitasnya.

jurusan kuliah di jerman

1. Kedokteran

Di banyak negara, Kedokteran merupakan jurusan paling mahal. Tapi tidak dengan Jerman. Kecuali di negara bagian Bayern dan Baden Wurttenberg, semua mahasiswa Kedokteran di universitas negeri Jerman hanya akan dibebani administrative fee sebesar €250 atau sekitar 4 juta rupiah per semester.

Dan untuk urusan kualitas, kalian tidak perlu ragu. Ada sekitar 32 universitas Jerman yang jurusan Kedokterannya masuk dalam peringkat terbaik dunia.

Beberapa universitas negeri yang menyediakan jurusan Kedokteran terbaik diantaranya RWTH Aachen University, Technical University of Munich, University of Hamburg, Freiburg University, Hannover Medical School, Leipzig University, dan masih banyak lagi.

2. Teknik Mesin

Jurusan kuliah di Jerman lainnya yang banyak peminatnya adalah Teknik Mesin. Keunggulan di bidang Teknik Mesin dan posisi Jerman sebagai pusat perkembangan teknologi menjadikan Jerman menjadi favorit pelajar dari seluruh dunia.

Mereka juga berkesempatan menikmati pengajaran berkelas dunia, fasilitas nomor satu, serta terlibat dalam penelitian penting. Makanya tidak heran juga kalau banyak perusahaan multinasional memberikan penghargaan tinggi pada insinyur Mesin lulusan Jerman.

Nah bagi yang ingin mengambil Jurusan Teknik, kalian bisa menfokuskan perhatian ke Technical University of Munich, Technical University of Berlin, Karlsruhe Institute of Technology, maupun RWTH Aachen.

3. Hukum

Gelar Sarjana Hukum merupakan salah satu yang paling prestisius di Jerman. Karena itu banyak siswa Jerman yang bekerja keras untuk bisa masuk Jurusan Hukum. Dan sebagai negara yang memiliki kedudukan politik dan ekonomi sangat kuat di Eropa, Jerman memang tempat yang tepat untuk mendalami Ilmu Hukum.

Jerman juga menawarkan topik-topik menarik dalam Ilmu Hukum seperti Hukum Bisnis, Hukum Media, Sengketa Internasional, Hukum Teknologi Informasi, Hukum Kekayaan Intelektual, Hukum Publik, dll.

Beberapa Universitas terkemuka dalam bidang Hukum diantaranya Ludwig-Maximilians-Universität München, Humboldt-Universität zu Berlin, Bucerius Law School, Universität Heidelberg, Universität Freiburg, Freie Universität (FU) Berlin, dan masih banyak lagi.

4. Ilmu Komputer

Prospek masa depan cerah dan kemajuan teknologi perangkat lunak menjadikan Ilmu Komputer sebagai salah satu favorit di Jerman, baik untuk mahasiswa lokal maupun asing. Penggunaan kecerdasan buatan, Robotika, pemrograman, serta teknologi informasi dalam industri menjadi bukti majunya Ilmu Komputer di Jerman.

Beberapa universitas Jerman yang memiliki Jurusan Ilmu Komputer terbaik adalah Technical University of Munich, RWTH Aachen, Technical University of Berlin, Ludwig-Maximilians-Universität München, University of Freiburg, serta Karlsruhe Institute of Technology.

Dengan penelitiannya, Universitas tersebut memiliki peran sangat besar dalam pengembangan Ilmu komputer di Jerman.

5. Fisika

Sejak dulu, Fisikawan Jerman merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Mulai dari Wilhelm Roentgen, Max Planck, hingga Albert Einstein, semuanya pernah mengabdikan dirinya di Jerman. Ada lebih dari 30 penghargaan nobel yang diberikan pada Fisikawan Jerman.

Tradisi pengajaran dan riset Fisika tetap terjaga hingga saat ini di banyak Universitas di Jerman. Bahkan banyak yang masuk dalam 100 besar dunia dalam bidang Fisika.

Beberapa universitas Jerman yang diakui memiliki jurusan Fisika terbaik di dunia diantaranya Ludwig Maximilian University, RWTH Aachen, University of Augsburg, Free University of Berlin, Humboldt University of Berlin, maupun Technical University of Berlin.

Nah demikian tadi beberapa jurusan kuliah di Jerman yang dianggap sebagai pilihan terbaik. Tapi tetap saja sebaiknya kalian memilih berdasarkan minat dan kemampuan masing-masing. Jurusan apa saja yang diinginkan, Jerman memiliki universitas dengan kualitas sangat baik. Jadi, Jurusan apa yang mau kalian pilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here