Cara Merawat dan Membersihkan Sofa Kulit dari Noda agar Bersih Awet

Apakah anda bingung bagaimana cara merawat dan membersihkan sofa kulit kesayangan yang berada di ruang tamu? Simak sampai selesai artikel ini untuk mendapatkan ulasan komprehensifnya, agar sofa anda tetap bersih dan awet tahan lama.

Seperti yang telah diketahui bahwa bahan sofa bermacam-macam. Ada sofa kulit, sofa semi kulit, dan adapula jenis sofa kulit sintesis. Tiap jenis bahan sofa tersebut memiliki cara penanganan, mulai dari perawatan dan pembersihan yang berbeda.

Cara Merawat Sofa Kulit yang Mudah

cara membersihkan sofa kulit

Selain harganya yang lebih mahal dibandingkan jenis sofa lain, biasanya sofa kulit memang lebih bagus baik dari kenyamanan maupun dari prestise. Oleh karena itu menjaga sofa agar tetap awet dengan melakukan perawatan yang baik perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat sofa kulit di rumah, diantaranya:

Bersihkan Rutin dengan Kain Lembab dan Lembut

Sofa berbahan kulit asli tentu perlu membutuhkan perlakuan khusus, yang boleh jadi sedikit berbeda dengan jenis bahan sofa lain. Karena terbuat dari bahan kulit, maka saat rutinitas membersihkan sofa kulit sebaiknya menggunakan kain lembab.

Perlu kembali diingat bahwa yang digunakan adalah kain lembut dan lembab. Bukan kain yang basah.

Sebab kain basah yang digunakan saat membersihkan sofa kulit cenderung akan membuat sofa menjadi cepat rusak, tidak awet.

Banyak terjadi kesalahan, dimana saat sofa kulit terkena noda, orang-orang menggunakan lap basah. Padahal dengan menggunakan lap basah malah membuat noda semakin menyebar.

Hindarkan dari Panas Matahari Langsung atau Sumber Panas Lainnya

Sofa kulit memang harus dirawat secara ekstra hati-hati. Termasuk cara untuk mengeringkannya. Kesalahan yang sering kali terjadi saat mengeringkan sofa kulit adalah dengan mengeringkan dengan panas matahari.

Sofa kulit yang terpapar panas matahari langsung atau dekat dengan sumber panas lainnya, malah akan membuat sofa kulit cepat rusak.

Sofa kulit yang terpapar suhu panas akan mengubah tekstur dan membuatnya tampak kusam.

Untuk menghindari hal demikian, jangan letakkan sofa terlalu dekat dengan jendela atau sumber-sumber panas lainnya di rumah.

Hindari Penggunaan Deterjen

Saat sofa kulit terkenan noda, misalnya noda tinta, maka jangan menganggap bahwa dengan membersihkannya dengan menggunakan deterjen akan membuat sofa bersih dan awet.

Sebaliknya, bahan kimia yang terkandung di dalam deterjen, semisal lilin, silikon, dan minyak akan merusak tekstur dari sofa kulit.

Baca juga:

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Membersihkan sofa kulit berbeda dengan cara membersihkan sofa kulit sintesis. Sofa kulit karena berasal dari kulit asli, sehingga dalam membersihkannya juga perlu perlakuan khusus.

Perawatan yang rutin di atas disertai dengan penggunaan produk yang sesuai, akan menjaga sofa kulit tahan lama, terjaga, dan tetap bagus walaupun dipakai bertahun-tahun.

Hilangkan Kotoran dengan Penghisap Debu

Penghisap debu atau vacuum cleaner merupakan pembersih yang paling cocok untuk mengangkat kotoran dan debu pada permukaan sofa.

Penggunaan penghisab debu akan sangat berguna dalam membersihkan kotoran, terutama pada bagian lipatan-lipatan sofa kulit.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Sofa Kulit

Di pasaran, ada beragam jenis cairan pembersih sofa. Namun selalu perhatikan pengaplikasian cairan tersebut. Gunakanlah cairan pembersih khusus sofa kulit.

Biasanya, tiap cairan pembersih ini memiliki kandungan yang cukup berbeda satu sama lain. Pemakaiannya sangat tergantung pada jenis bahan atau material sofa.

Berbagai merk pembersih sofa kulit. Bentuknya beraneka ragam, misalnya ada yang gel, cair, ataupun yang lotion.

Menggunakan pembersih khusus ini bisa membantu meringakan proses pembersihan pada sofa kulit, terutama pada jenis kotoran yang bandel atau sulit untuk dibersihkan.

Gunakan Pelembab Khusus

Sofa yang terbuat dari kulit asli biasanya akan lebih awet dibandingkan dengan jenis material sofa yang lain. Namun tantangannnya, berada pada perawatan dan pembersihan.

Proses pembersihan sofa kulit yang telah disebutkan di atas, bisa ditambahkan dengan menggunakan pelembab (conditioner).

Penggunaan pelembab pada sofa kulit akan menjaga agar sofa tidak mudah sobek atau terkelupas. Selain itu juga, akan menjaga kelembaban pada sofa kulit.

Penggunaan pelembab ini bisa diaplikasikan selama melakukan perawatan-perawatan rutin.

Sofa kulit yang dirawat dan dibersihkan dengan rutin akan membuatnya lebih awet dan kotoran tidak menumpuk.

Rutinitas membersihkan perabot rumah termasuk sofa disadari memang perlu ketelatenan. Namun demikian, sebagai sebuah alternatif yang sangat bagus anda bisa menghubungi jasa cuci sofa, kasur springbed, jok mobil, kursi kantor, karpet, dan poles lantai.

Menggunakan jasa dari mereka akan memudahkan pekerjaan anda di rumah. Selain itu, jika ada kendala lain misalnya sofa terkena noda yang sulit untuk ditangani. Biasanya mereka sudah terbiasa dan terlatih untuk mengatasi hal tersebut.

Sehingga sofa kulit lebih bersih karena dikerjakan oleh orang yang paham dan professional.

Jika anda salah satu pembaca blog ini berasal atau dekat dari Kota Liwet, ada baiknya anda bisa menghubungi cuci sofa Solo, jasa cuci sofa di Solo yang merupakan layanan cuci berbagai perabot rumah tangga dan kantor yang terpercaya dan profesional.

Bagikan ke:

Artikel menarik lainnya:

Tinggalkan komentar