Home Financial Jualan Online Seret Order? Yuk Berjualan di Blibli.com! Untungnya Gak Tanggung Tanggung

Jualan Online Seret Order? Yuk Berjualan di Blibli.com! Untungnya Gak Tanggung Tanggung

0
jualan-online-di-blibli.com

Indorsie.com – Betul tidak kalau pengalaman belanja online akan mengasyikan, jika kita puas dengan produk dan pelayanannya? Saya pribadi, sangat sepakat dengan ini. Bagi saya, kepuasan pada produk online jika kualitas produk terjamin, tidak abal-abal alias bukan barang tiruan, dan spesifikasi sesuai deskripsi yang tertera. Sementara untuk kepuasan pelayanan, saya meletakkannya pada faktor keamanan, kenyamanan, dan kemudahan transaksi.

Dulu, salah satu alasan mengapa sering nongkrong di mall, ya karena ingin window shopping (cuci mata) atau stalking barang incaran. Toh ternyata hari ini, kita masih bisa melakukan itu. Namun, cuci mata dan stalking-nya bisa dilakukan di layar smartphone kita. Hehe.

Lewat smartphone pula, kita bisa membuat whistlist produk atau sekedar memantau harga barang yang kita sukai. Bertanya pada nomor kontak atau sekedar mem-follow akun sosial media jualan online. Alasannya sih sederhana, siapa tahu jika ada diskon atau promo dapat segera kita beli.

Kepopuleran belanja online memang ditopang oleh kemudahan yang ditawarkannya. Jika sebelumnya, untuk berbelanja kita harus ke pusat-pusat perbelanjaan, kesana kemari menghabiskan waktu dan tenaga. Kini, kita tidak perlu lagi capek dan repot melakukan itu semua.

Varian channel belanja online juga cukup beragam. Entah bisa melalui toko online, dari sosial media, ataupun dari marketplace. Namun satu yang pasti, masalah tingkat keamanan tetap masih dipegang marketplace.

Banyak loh kasus penipuan belanja online terjadi. Salah satunya pernah dialami oleh teman dekat saya. Ceritanya doi belanja online via sosial media instagram. Tergiur dengan postingan di instagram, ia kemudian memutuskan belanja disana. Namun nahas, ia tertipu. Uang telah ditransfer, barang yang ia beli berupa gadget tidak dikirim, dan terakhir akun instagramnya diblok oleh penjual abal-abal itu. Tragis.

Dari pengalaman seperti inilah yang membuat saya juga secara pribadi, jika ingin berbelanja online dengan hati mantap tetap memilih marketplace.

Benefit Marketplace

Guys, jika dilihat dari dua sisi, baik dari sisi pembeli dan penjual, marketplace memiliki benefit, manfaat yang tidak sedikit.

Seperti pengalaman teman saya yang kena tipu. Maka kehadiran marketplace bisa menjadi jembatan, penengah, atau pihak ketiga yang bisa menjamin proses transaksi aman, mulai dari pembelian produk hingga produk itu sampai di tangan konsumen. Menariknya, tidak jarang loh marketplace menawarkan jasa retur dan refund barang dan dana jika memang produk tidak sesuai. Aman dan terjamin banget, kan?

Bagi para seller atau penjual, pemilik produk, atau UKM bergabung dengan marketplace juga tidak kalah untungnya loh.

Benefit yang paling terasa adalah potensi tingginya traffic, pengujung marketplace. Tidak jarang loh, marketplace menjadi situs paling populer dan paling sering dikunjungi. Dari pantauan web alexa ataupun yang sejenisnya, menunjukkan marketplace memang raja-raja penguasa traffic tanah air.

Artinya apa? Dengan bergabung dengan marketplace, akan sangat logis jika para penjual dapat kecipratan untung dari jutaan pengunjung yang datang tiap hari. Untung bisa berlipat-lipat dengan terdongkraknya penjualan dan banyaknya transaksi yang terjadi.

Keamanan transaksi juga menjadi soal. Dibanding jualan di forum jual beli, membangun toko online sendiri, ataupun berjualan online denganchannel sosial media. Keamanan transaksi di marketplace memang juara.

Jualan di forum jual beli, toko online biasa, ataupun di sosial media memang rentan kecurigaan. Konsumen sudah sinis duluan untuk belanja di tempat-tempat tersebut.

Adanya rekening bersama di marketplace membuat hati konsumen tenang, penjual pun bahagia karena orderan datang bertubi-tubi. Maka jelas, jaminan keamanan transaksi adalah koentji.

Promosi besar-besaran dari marketplace dengan berbagai saluran, menjadikannya mudah dikenal konsumen secara massif.

Guys, tahukan kalau branding produk itu bukan hal sepele? Mengenalkan brand, merk, produk, ataupun toko online itu pekerjaan berat. Prinsipnya sih, semakin sering produk itu didengar atau dilihat oleh konsumen maka semakin gampang konsumen membeli.

Dengan gabung jual online di marketplace, kamu bisa lebih hemat dalam promosi. Sehingga kamu bisa lebih fokus mengembangkan produk ataupun membiayai jenis pengeluaran lain untuk produk kamu.

Dari besarnya benefit marketplace, rasa-rasanya tidak ada lagi banyak alasan untuk tidak bergabung dengan marketplace. Sudah banyak marketplace di Indonesia. Contohnya adalah Blibli.com. Kesan saya berbelanja di marketplace ini, keren; varian barang banyak, metode pembayaran sangat lengkap, costumer service online 24 jam, banyak promo menarik, barang sesuai pesanan dengan packing yang rapi, ada voucher belanja, dan gratis ongkir. Hehe..

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Blibli.com mengambil positioning yang berbeda. Saat ini Blibli.com telah menjadi online store rasa mall. Jujur, pengambilan positioning ini telah membuatnya menjadi mall online terlengkap dan terpercaya.

Di Blibli.com, kita tidak akan melihat adanya produk KW, barang tiruan, atau barang black market ditawarkan. Artinya, semuanya dijamin 100 persen original. Jelas, ini memastikan reputasi produk, merk/brand, dan merchant terjaga. Kualitas produk memang sesuai dengan deskripsi atau standar pabrik.

Bukan hanya itu, Guys. Ini juga memastikan bahwa produk yang dijual merupakan produk dari pemilik langsung (official) maupun dari distributor resmi. Ini, tentunya berkorelasi dengan produk yang ditawarkan akan berkualitas dan terpercaya. Dua indikator yang menurut hemat saya, sukses dalam meningkatkan pelayanan terhadap pembeli.

Untung Berjualan di Blibli.com Gak Tanggung-tanggung

Jika jualan kamu lagi seret. Lapak sepi bagai kuburan. Kini saatnya deh gabung dengan Blibli.com. Marketplace dengan layanan paling top. Kamu nggak bakal rugi deh.  Sebab, di Blibli.com ada berbagai keistimewaan yang diberikan kepada para seller-nya.

Kuy, cek satu per satu 8 hal utama yang membuat berjualan online di Blibli.com itu menguntungkan.

1. Keluasan Pilihan Kategori

bayak-kategori-produk

Kategori yang banyak memudahkan dalam menjual berbagai jenis produk, bahkan dengan produk yang cukup spesifik. Tepat dan cocoknya dalam pemilihan kategori produk akan menjadi faktor besar produk akan semakin mudah dicari oleh pembeli.

Di Blibli.com terdapat 16 kategori produk. Kategori-kategori tersebut adalah produk komputer dan laptop, handphone dan tablet, Bliblimart, olahraga dan aktivitas luar ruang, kamera, tiket dan voucher, peralatan elektronik, fashion pria, fashion wanita, ibu dan anak, mainan dan video games, home dan living, kesehatan dan kecantikan, tour dan travel, otomotif, dan galeri Indonesia.

Selain memiliki kategori yang banyak, sebagai salah satu orang yang beberapa kali berbelanja di Blibli.com terutama menggunakan smartphone, tampilannya benar-benar user friendly. Ini semakin memudahkan saya untuk mencari produk dan tidak membuat kesasar kemana-mana.

2. Gratis Foto Produk

gratis-foto-produk

Salah satu hal yang sangat menentukan jualan online dapat dengan laku dan menarik bagi calon pembeli adalah tampilan atau foto-foto produk yang bagus dan ciamik. Bisa dikatakan foto produk adalah ‘cinta pandangan pertama’ bagi pembeli.

Di Blibli.com, photographer telah disediakan. Photoshoot akan ditangani langsung terhadap produk-produk merchant. Selain itu, pihak Blibli.com juga akan menyediakan pengeditan. Semuanya untuk keperluan foto produk yang nantinya akan dipajang di Blibli.com.

Syaratnya cukup mudah, mitra merchant mengumpulkan daftar produk yang akan difoto, mengirimkan contoh barang. Setelah semuanya selesai, mitra merchant dapat mengambil kembali contoh barang sesuai waktu yang ditentukan.

Semakin bagus foto produk, terutama dengan angle yang pas dan menampilkan spesifikasi produk yang tepat dan jelas akan membuat tangan pembeli gatal untuk segera menekan tombol ‘Buy‘.

Selain itu untuk proses upload foto produk, Anda diberikan kemudahan menggunakan master produk yang telah tersedia di Blibli. Pasalnya Blibli.com, semacam telah menyimpan file ‘master’ foto-foto produk, sehingga dengan sangat mudah anda bisa menggunakannya.

3. Gratis Kemasan Produk

gratis-box-blibli

Kemasan produk selain sebagai upaya branding, juga akan sangat berpengaruh bagi para pembeli terutama untuk brand.

Adanya kemasan resmi dari marketplace akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pembeli. Nah, di Blibli.com telah disediakan kemasan produk bagi para merchant. Jenis kemasannya pun beragam, mulai dari box berbagai ukuran, kertas pembungkus, plastik besar dan kecil, serta sticker kemasan.

Guys, pemesanan kemasan (packaging) bagi merchant partner dapat dilakukan pada akun MTA. Lanjut pesan berapa dan pilih kemasan yang dibutuhkan. Terakhir, pada halaman checkout tagihannya menjadi 0 rupiah alias gratis..tis

Selain berguna melindungi produk selama pengiriman, kemasan yang disediakan pihak Blibli.com juga terlihat menarik dan relatif mudah dibuka.

4. Gratis Biaya Kirim

gratis-biaya-kirim

Komponen biaya jualan online yang fluktuatif adalah biaya kirim. Ongkos atau biaya kirim sangat dipengaruhi spesifikasi produk dan jarak pembeli. Produk dengan berat dan dimensi yang besar akan memakan biaya kirim yang mahal. Pun begitu dengan jauhnya lokasi pembeli, misalnya pembeli yang berada di Sulawesi atau Papua malah tidak jarang total biaya kirim sebanyak setengah atau lebih besar dari harga produk.

Biaya kirim yang terlalu mahal relatif membuat pembeli menarik minat untuk membeli online. Keringanan biaya kirim atau bahkan dengan keunggulan gratis biaya kirim akan membuat konsumen tidak terlalu berpikir panjang untuk membeli.

Disadari atau tidak, gratis biaya kirim membuat pembeli lebih tertarik berbelanja, sehingga omzet penjualan Anda pun bisa meningkat. Tidak jarang, masalah biaya pengiriman baik penjual maupun pembeli menjadi masalah yang cukup membebani.

5. Mudah saat Proses Pengiriman

mudah-proses-pengiriman

Bagi pemilik toko online, kemudahan proses pengiriman produk menjadi hal yang urgen. Pasalnya, hampir semua pembeli memiliki tabiat ingin segera produk tersebut berada di hadapan mereka. Tentu menjadi tantangan bagi penjual online untuk segera mengirimkan produk.

Satu hal yang pasti bahwa kemudahan proses pengiriman produk ini sangat ditunjang oleh banyaknya varian jasa pengiriman yang menjadi opsi. Opsi atau alternatif ini membuat anda tidak ribet untuk ke satu jasa pengiriman. Terbatasnya pilihan jasa pengiriman cenderung menyusahkan para seller.

Di Blibli.com ada beragam dan banyak sekali jasa pengiriman yang bisa digunakan, diantaranya Blibli.com Express, JNE, RPX, NCS, ninja Express, GoSend, Sicepat, Lion parcel, Grab, NSS Express, dan SAP.

6. Asuransi Pengiriman Produk

asuransi-pengiriman

Popularitas jualan online memang sangat ditunjang dari keterjaminan (assurance) produk terkirim dan sampai. Teringat beberapa tahun belakangan, betapa banyaknya keraguan berbelanja online. Takut barang tidak sampai, takut hilang, atau takut barang rusak. Semuanya menjadi faktor yang menyurutkan keinginan membeli secara online.

Adanya jaminan produk sampai dan bahkan kebolehan untuk mengembalikan produk jika produk nyatanya bermasalah akan semakin membuat tingkat kepercayaan meningkat.

7. Merchant Care untuk Penjual

merchant care

Layanan merchant care ini akan membantu menangani permasalahan dan memberikan solusi terhadap komplain pembeli ataupun hal yang bakal merugikan penjual.

Pelayanan Blibli.com sudah sejak lama terkenal memiliki pelayanan customer maupun merchant care yang sabar, ramah, dan cepat.

Istimewanya, Blibli.com terus berusaha memberikan layanan yang prima. Kepuasan mitra, pelanggan, maupun konsumen menjadi yang utama. Guys, ini bisa dibuktikan dengan layanan merchant care yang dapat mengakomodasi kebutuhan informasi merchant partner, dapat menghubungi Merchant Care Blibli.com.

Layanan untuk merchant partner juga tidaklah ecek-ecek. Merchant care melayani setiap hari, Senin sampai Minggu, dari jam 08.00 s/d 22.00. Bisa dihubungi via telepon atau melalui [email protected]

8. Terdepan dalam Inovasi In Store

inovasi-instore

Inovasi untuk membaurkan saluran online dengan toko fisik dilakukan Blibli melalui fitur Blibli In store. Inovasi in store ini memungkinkan pembeli mengunjungi, membeli, dan mengambil langsung ke toko fisik (offline). Layanan ini disebut pula dengan istilah online to offline (O2O). Paduan jualan online dengan jualan di toko fisik (counter) ini akan memudahkan konsumen untuk mengunjungi toko kemudian melanjutkan transaksi dengan fasilitas Point of Sales (POS).

Inovasi In store (online to offline) ini sangat terasa pada beberapa kategori produk yang cenderung mahal, misalnya gadget, kamera,  laptop dan barang elektronik lainnya. Ini akan mengakomodir tipikal pembeli yang harus melihat langsung atau melihat fitur-fiturnya sebelum memutuskan membeli. Selain membuat lega konsumen, juga untuk menjaga kehati-hatian.

Inovasi Instore ini juga memanjakan pembeli dengan berbagai potongan harga. Pihak Blibli.com akan menyediakan potongan harga yang menarik jika melakukan transaksi melalui fasilitas Point of Sales. Sementara itu, dikabarkan bukan hanya kategori gadget dan kamera yang mendapat fasilitas In store, tetapi juga semua kategori termasuk fashion dan lain sebagainya.

Mudahnya Jualan di Blibli.com

cara-mendaftar-jualan-blibli.com

Cara daftar jualan di Blibli.com terbilang mudah, loh. Guys, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk segera bergabung.

1. Buka Toko
Tahu tidak jika ternyata sangat gampang membuka toko di Blibli.com.  Cukup mengisi informasi akun, mengisi informasi toko, dan mengisi informasi administrasi dengan lengkap dan jelas.

Setelah mendapat email verifikasi, kamu udah siap berjualan dengan segera mengupload produk

2. Upload Produk
Cara mengupload produk di Blibli.com juga tidak ribet-ribet banget. Bisa menambahkan produk satu per satu atau menggunakan fasilitas upload produk secara massal. Nggak ribet, kan?

Fasilitas upload massal bisa digunakan jika data produk sudah kamu siapkan dengan baik.

3. Respon Pesanan
Setelah produk upload telah selesai. Tokomu sudah bisa melakukan transaksi. Jika pesanan datang, jangan takut tidak ada notifikasi.

Pihak Blibli.com akan mengirim pemberitahuan lewat SMS dan email. Tujuannya, agar dapat memastikan kamu segera merespon pesanan.

Respon pesanan dengan cepat, agar rating tokomu bagus dan konsumen tidak was-was. Konsumen tenang, belanja pun jadi lancar. Duh, bahagia deh.

4. Terima Pembayaran
Setelah memenuhi pesanan, kini saatnya menerima pembayaran. Guys, pembayaranmu akan diterima jika barang terkonfirmasi telah sampai ya. Terus, jadwal pembayarannya dilakukan seminggu sekali.

Mudah bukan langkah-langkahnya. Kuy, segera join deh. Biar jualan nggak seret lagi dan untung datang juga gak tanggung-tanggung.

Akhir kata…

Bagaimana apakah anda tertarik berjualan online di Blibli.com? Menjadi penjual atau seller di Blibli selain dimanjakan dengan fitur-fitur menguntungkan di atas, komunitas seller-nya selalu mengadakan aktivitas menarik, misalnya workshop di kota-kota besar Indonesia, training online dan offline, sharing pengalaman sukses dari para merchant, dan edukasi bisnis dari pihak Blibli.com.

Adanya jalinan dan relasi baik antar merchant dengan merchant berbeda dan antara merchant dan pihak Blibli.com ini, akan semakin menguntungkan. Pasalnya, Anda dapat bertukar informasi antar sesama, menjalin relasi bisnis baru, dan besar kemungkinan membuat Anda bisa bekerjasama di kemudian hari.

Leave a Reply