Apakah Asam Lambung Boleh Minum Susu?

Apakah asam lambung boleh minum susu menjadi salah satu pertanyaan tersendiri dan sebagai salah satu hal yang harus diantisipasi. Memang, bagi sebagian besar penderita asam lambung tidak disarankan untuk mengonsumsi atau minum beberapa asupan atau olahan yang tidak dianjurkan.

Hal ini karena asupan atau olahan tersebut beresiko mencederai asam lambung atau malah bisa meningkatkan risiko yang semakin parah.

Lalu, yang menjadi pertanyaan, apakah asam lambung boleh minum susu?

Apakah Asam Lambung Boleh Minum Susu?

asam lambung minum susu

Apa itu penyakit asam lambung? Asam lambung atau biasa dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa memicu terjadinya nyeri pada ulu hati, heartburn, dan berbagai macam gejala lain di area dada bagian bawah dan juga perut.

Bahayanya, penyakit asam lambung bisa terjadi pada semua orang di segala usia dan bahkan bisa terjadi tanpa alasan yang pasti.

Beberapa faktor risiko yang bisa memicu atau menjadi penyebab asam lambung, seperti:

  • Jenis makanan tertentu, seperti susu, makanan pedas, gorengan, hingga pola makan yang salah
  • Obesitas (gemuk berlebihan)
  • Sedang hamil, karena ada begitu banyak tekanan yang terjadi di perut
  • Usia lanjut

Mengejutkannya, gejala asam lambung juga bisa terjadi dan menyerang bayi. Hal ini terjadi karena otot lower esophageal sphincter (LES) masih dalam tahap pertumbuhan yang belum optimal.

Tidak Disarankan Minum Susu

Mengenai pertanyaan apakah asam lambung boleh minum susu, maka jawabannya sebenarnya ada 2, ada yang boleh, ada pula yang tidak membolehkannya.

Akan tetapi, jawaban yang paling akurat ialah bagi para penderita asam lambung tidak direkomendasikan untuk meminum susu.

Pada umumnya, banyak produk susu yang beredar di pasaran, beberapa di antaranya adalah dihasilkan dari susu sapi.

Susu sapi ini sangat tidak dibolehkan untuk dikonsumsi oleh para penderita asam lambung, karena mengandung tinggi lemak yang membuatnya lebih sulit untuk dicerna.

Lebih dari itu, kandungan lemak di dalam susu sapi juga bisa melunakkan sfingter esofagus dan membuka jalan bagi asam lambung yang berisiko semakin naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, kamu tetap bisa minum susu, dengan catatan:

  • Memilih susu yang rendah lemak
  • Susu rendah lemak yang disarankan adalah susu skim
  • Susu skim dipilih karena lebih mudah dicerna oleh tubuh

Di lain sisi, konsumsi susu kemungkinan bisa membuat penyakit asam lambung menjadi kambuh, jika dikonsumsi berbarengan dengan kopi, teh, atau coklat yang mana mengandung kafein.

Rekomendasi Makanan bagi Penderita Asam Lambung

Jelas bahwasannya apakah asam lambung boleh minum susu, jawabannya tidak disarankan.

Akan tetapi, ini bukan menjadi salah satu halangan bagi para penderita asam lambung untuk bisa konsumsi makanan ataupun minuman lain.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan bagi penderita asam lambung untuk membantu meminimalisir resikonya secara lebih optimal.

1. Konsumsi Nutriflakes

Nutriflakes adalah salah satu sereal untuk asam lambung terbaik yang direkomendasikan untuk mengatasi asam lambung dan berbagai macam masalah lambung lainnya.

Nutriflakes telah terdaftar di dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan 100% Halal untuk dikonsumsi dan aman mencegah asam lambung.

Kandungannya terdiri atas 5 formulasi bahan-bahan herbal pilihan (bukan obat dan tanpa bahan kimia), seperti umbi garut, psyllium husk, gula aren, daun kelor, dan susu kambing etawa.

2. Sayuran Hijau

Sayuran juga termasuk ke dalam daftar rekomendasi makanan untuk mengatasi asam lambung, karena memiliki kadar gula dan lemak yang rendah.

Beberapa rekomendasi sayuran yang bisa dikonsumsi, seperti brokoli, kacang hijau, kangkung, timun, hingga bayam.

3. Buah-buahan Kaya akan Sumber Nutrisi

Buah-buahan seperti pisang dan melon sangat baik untuk menurunkan asam lambung.
Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi, di mana serat tersebut sangat baik bagi tubuh dalam mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan.

Di lain sisi, melon menjadi salah satu buah sumber magnesium yang baik, di mana kandungan ini banyak ditemukan pada obat untuk refluks asam.

Baca juga: Manfaat Grooming Kucing

Begitulah sekilas informasi sedikit mengenai asam lambung, yang mana bagi kamu selaku penderita asam lambung memiliki pantangannya tersendiri dan tidak boleh asal-asalan dalam makan maupun minum.

Tinggalkan komentar

/* */